Makanan Kelinci | Uraniwa Rabbit

Makanan Kelinci

Uraniwarabbit, Makanan Kelinci. Memelihara atau merawat binatan peliharaan tentu harus memberi makan, minum ,menjaga kerbersihan kandang dan segala keperluan binatang tersebut. Biar saya tebak yang baca pasti piara kelinci ya ?? seengga nya mau piara kelinci ?? – heheh ya iya lah wong ini lagi bahas tentang kelici.. –

Oya pernah denger ga faktatentang kelinci, kalo kelinci itu dapat bertahan sampe umur 10 tahun lebih, untuk bisa mencapai umur segitu tentu kita harus mengetahui cara mengurusnya. Bagi para pemula sangan disarankan baca-baca tips pelihara kelinci, agar mengetahui apa saja keperluan kelinci itu sendiri terutama tentang makanan kelinci itu sendiri. Nah, ngomong-ngomong tentang makanan kelinci ada beberapa makanan yang baik dan yang tidak.

Makanan Kelinci
Apa aja sih makanan kelinci itu..??”

Kelinci pada dasar nya adalah termasuk hewan herbivora yaitu pemakan tumbuhan, tapi ga semua tumbuhan dia suka dan boleh diberikan pada kelinci. Kalo dikelompokan makanan kelinci ada tiga kategori, yaitu :



Rumput-rumputan
Sebagaimana hewan herbivora pada umumnya, rumput dan daun-daunan adalah makanan yang sangat indentik untuk hewan yang termasuk pada golongan ini. Khusus untuk kelinci rumput memang sangat bagus bagi pertumbuhan kelinci itu sendiri, tapi tidak semua jenis rumput baik bagi kelinci. Yang harus diperhatikan untuk rumput tekstur nya sendiri jangan berikan rumput yang keras seperti rumput gajah tapi berikan rumput yang berdaun lunak. Sepeti rumput timothy, alfafa, rumput lapang, rumput sawah dll. “Bagai mana kalo rumput kering ??” rumput kering atau dikenal dengan istilah hay bagus juga untuk kebutuhan serat kasih kelinci itu sendiri, tapi harus diperhatikan tidak semua rumput bisa dan bagus dikeringkan. Yang saya tau yang bagus dikering kan itu rumput jenis thimoty dan alfafa.

Sayur-sayuran
Wortel dan kangkung adalah makanan kelinci yang paling umum diketahui oleh setiap orang dan digemari oleh kelinci. Tapi hati-hati tidak setiap yang digemari kelinci baik untuk diberikan. Untuk pemeliharaan sekala hobi dan rumahan biasayan sayuran menjadi pilihan utama untuk makanan kelinci.

Memang tidak salah, sayuran sendiri baik bagi kelinci tapi harus sangat diperhatikan sayuran untuk jenis-jenis sayuran yang mengandung banyak gas seperti kangkung, kol, kubis dll sangat sangat disarankan untuk tidak diberikan. “kenapa kan kelinci doyan banget ama kangkuna??” ya memang benar tapi kangkung banyak mengandung gas, bagi sebagian besar kelinci terutama yang dibawah 3 bulan ini sangat rentan dan salah satu penyebab terbesar terjadi nya kembung dan ujung-ujung nya kematian.

Jika mau sayuran saya saran kan seladah, sosin, worter, dan brokoli. Sebernernya banyak cuma empat saryuran tersebut termasuk yang mudah didapat dipasar atau pun diwarung.

Konsetrat

Konsetrat adalah makanan alternatif, yaitu makanan buatan dari campuran bahan-bahan tertentu atau lebih dikenal dengan pelet. Pelet kelinci ini sekarang sudah banyak yang memproduksi secara masal bahkan ada yang sekala industri.
Setiap produsen mempunyai komposisi dan resep yang berbeda-beda, tujuannya pun berbeda juga. Misal konsetrat atau pelet khusus untuk pedagin, atau untukkelinci hias dsb. Kalo untuk sekala hobi dan kelinci hias saya menyarankan pake pelet kelinci merk GUYOFEED.


Dari ketiga jenis makanan diatas makanan mana yang paling baik??”

sebelum menjawabnya mari kita bahas kekurangan dan kelebihannya

Rumput, kelebihan dari rumput sikelinci akan mudah beradaptasi karena rumput adalah makan utama dihabitanya dan tahan lama karena tidak mudah busuk. Namun kekuragan dari rumput ini kandang akan mudah menjadi kotor karena sisa rumput yang terinjak atau terkena kotoran kelinci pasti tidak akan dimakan oleh kelinci dan jika dibiarkan dapat menyebabkan penyakit scabies pada kelinci.

Sayuran, sayuran mudah didapat dipasar atau diwarung dan harganya relatif terjankau, bahkan bisa sangat murah jika memanfaat kan sayuran sisa. Kekurangan nya kita harus hati-hati memberikan jenis sayuran jangan sampai sayuran tersebut banyak mengandung gas seperti kangkung dan jangan sampai ada sisa pestisida atau sejenisnya. Selain itu sayuran mudah busuk hingga klo termakan oleh kelinci akan lebih rentan kena penyakit terutama penyakit kembung dan mencret.

Konsetrat atau pelet, dari segi kebersihan tentu pemberian pelet akan jauh lebih terjaga karna sifat nya yang kering. Untuk hal nutrisi juga akan lebih terjaga karena pelet komposisinya telah di sesuaikan dengan keperluan kelici. Kekurangannya dari segi biaya relatif lebih mahal, kecuali bagi yang bisa memproduksi nya sendiri.

Jadi makanan apa yang paling baik untuk kelinci.?? menurut saya makanan yang baik adalah campuran dari ketiga jenis diatas dengan komposisi yang di sesuaikan.

Kalo saya sendiri makanan utama nya adalah pelet merk Guyofedd, diselangin sayuran atau rumput se engganya satu minggu satu kali.

Semoga bermanfaat dan wawasan tentang kelinci terutama dari sisi makanan kelinci menjadi bertambah :D

This entry was posted in , , , . Bookmark the permalink.

Leave a reply