Penyakit Kembung, Mencret pada kelinci dan Cara Mengatasinya | Uraniwa Rabbit

Penyakit Kembung, Mencret pada kelinci dan Cara Mengatasinya

Uraniwarabbit, Salah satu kendala dalam memelihara kelinci adalah terserangnya suatu penyakit. Salah satu penyakit yang sering menyerang kelinci adalah kembung dan mencret. Walau pun penyakit ini tidak termasuk penyakit yang berat namun sering kali kembung dan mencret menyebabkan kematian pada kelinci kesayangan kita. Tapi tenang jangan panik jika sobat mengalaminya, kita coba bahas penyebab dan cara mengatasi kembung dan mencret ini.

kembung dan mencret dan pengobatannya
Kelinci yang mati akibat kembung

Bagi sebagian kecil penghobi kelinci terutama para pemula, tentu akan merasa kebingunan bagai mana bisa mengetahui kelinci kita kena kembung dan mencret, wong tau-tau kelinci nya mati !?. Untuk menekan kematian yang disebabkan kembung dan mencret ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengetahui lebih dini dan memberikan pengobatan, yaitu : Kotoran kelinci cair atau lembek dan tidak seperti biasanya , terlihat cenderung menyendiri jika berkoloni, lebih sering berdiam diri, matanya terlihat sayu, porsi makan cenderung menurun, perut terlihat lebih gemuk dari biasanya, suhu badan lebih dingin terutama bagian telinga dan perut. Jika melihat ciri-ciri tersebut kita harus waspada tapi jangan panik.


Nah, sebelum mengobati perlu kita ketahui terlebih dahulu penyebab nya agar setealah mengobati tidak terkena kembali. Kembung dan mencret sebenar nya adalah dua penyakit yang berbeda namun biasanya terjadinya salaing berkaitan menret dulu baru kembung. Faktor yang paling utama penyebab kembung dan mencret ini adalah faktor makanan dan daya tahan kelinci itu sendiri. Ini didapat dilihat umumnya kelinci yang terserang adalah kelinci yang berumur dibawah tiga bulan, kenapa ?? karena kelinci dibawah tiga bulan daya tahannya cenderung masih lemah sedangkanp pengetahuan terhadap kelinci masih minim. Ini juga jawaban dari paradigma kenapa memelihara kelinci pada umumnya cepat mati.

Dalam hal makanan / pakan , pakan padat (serat kasar) yang berlebih, sayur mayur yang berlebih bisa menjadi penyebab terlebih lagi sayur yang mengandung gas seperti kangkung, kol, sawi dan sebagainya. – untuk referensi bisa baca-baca jenis-jenis sayuran yang baik untuk kelinci – perlu diingat sayur tersebut tidak berbahaya tapi pola makan sikelinci dan daya tahan tubuhnyalah yang menyebabkan sayuran tersebut bisa menjadi berbahaya.. selain faktor pakan dan daya tahan tubuh, cuaca juga mempengaruhi seperti awal-awal musim penghujan dan angin.


Untuk pencegahan terjadinya kembung, perhatikan komposisi dan porsi makanan untuk kelinci, jaga kebersihan kandang walaupun pada dasarnya penyakit ini tidak menular secara langsung namun rawan mengundang bakteri yang dapat menimbulkan bibit penyakit yang dihawatir kan dapat mengenai kelinai yang sehat.

Bagai mana kalau kelinci kita terlanjur terkena kembung dan mencret??? ada beberapa cara atau metoda yang dapat dilakukan, biasanya tiap breader mempunyai trik tersendiri yang menurut mereka lebih enak dilakukan namun hasiatnya sama.

Pemijatan, karena kembung disebabkan oleh pencernaan yang tidak sempurna dan menyimpan gas pada usus sikelinci mereasa kesulitan dalam buang kotoran normal, maka pemijatan di bagian perut secara perlahan dan teratur dapat membantu menurunkan gejala kembung ini. Namun cara ini memerlukan ketelatenan dan kesabaran.

Pakan Alami, jika kelinci masih mau makan dan ditemukan gejala-gejala kembung atau sudah terkena kembung dan mencret bisa diberi obat alami yaitu berupa daun pepaya atau daun pisang. Ganti pakan yang biasa berikan denganUraniwarabbit, Salah satu kendala dalam memelihara kelinci adalah terserangnya suatu penyakit. Salah satu penyakit yang sering menyerang kelinci adalah kembung dan mencret. Walau pun penyakit ini tidak termasuk penyakit yang berat namun sering kali kembung dan mencret menyebabkan kematian pada kelinci kesayangan kita. Tapi tenang jangan panik jika sobat mengalaminya, kita coba bahas penyebab dan cara mengatasi kembung dan mencret ini.

Ramuan tradisional, Ada banyak ramuan tradisional yang dapat dijadikan obat alternatif diantaranya temu lawak, bawang putih, jahe, dan lain-lain. Jujur saja saya belum pernah mempraktekan dan tidak mengetahui komposisi pasti nya. Untuk ramuan yang telah sy praktekan yaitu jahe dan gula merah. Caranya jahe ditumbuk atau di parut lalu cambpurkan dengan gula merah dan godok dengan air secukupnya setelah hangat kuku saring, air saringan tersebut cekokan pada kelinci. (untuk takarannya di kira-kira saja :D )

Obat Kimia, untuk obat kimia ini ada yang khusu untuk kelinci seperti :
Mencret : Intertrim LA ( Suntik ) or Intertim Oral ( Product : Interchemie Holland )
Kembung : Permenthyl 5% atau Enroten ( TMC ). atau Rebung.

promosi dikit ah.. kalo REBUNG tersedia juga disini :D –

berhubung obat diatas jarang yang jual, banyak yang mencoba dengan obat-obat untuk manusia dan ternyata berhasil. Obat-obat tersebut antar lain: Tolak Angin + madurasa , diapet, bidium, cotrimozazole sirop dan lain. Untuk kimia ini yang pernah di coba oleh saya hanya REBUNG.

Semoga artikel singkat ini dapat menambah wawasan tentang kelinci dan bisa bermanfaat khusunya bagi para penghobi kelinci. daun pepaya atau daun pisang. Tugas kita mengawasi dan memastikan daun daun tersebut dimakan sambil memperhatikan perkembangan nya. Jika perkembangan tersebut positf dengan ciri-ciri mata kelinci lebih segar, kelinci menjadi aktif lagi, nafsumakan mulai membaik, dan kotoran sudah berangsur normal maka pemberian dapat dikurangi dan diganti dengan pakan seperti bisa.

berhubung obat diatas jarang yang jual, banyak yang mencoba dengan obat-obat untuk manusia dan ternyata berhasil. Obat-obat tersebut antar lain: Tolak Angin + madurasa , diapet, bidium, cotrimozazole sirop dan lain. Untuk kimia ini yang pernah di coba oleh saya hanya REBUNG.

Semoga bermanfaat

This entry was posted in , , . Bookmark the permalink.

237 Responses to Penyakit Kembung, Mencret pada kelinci dan Cara Mengatasinya

  1. Baiknya kelinci yg habis mencret dikasih makan apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih sayuran dulu, tapi kangkung, kol, dan sayuran yang mengandung gas di hindari saja..

      klo sy rekomen selada, sosin atu wortel saja.

      Delete
    2. Kelinci saya ko tiba2 ga bisa berjalan alias mengalami kelumpuhan. Kira2 ntu penyebabnya apa ya? Dan bagaimana cara mengobatinya?
      Mohon infonya ya, , , !

      Delete
    3. ga bisa jalan bisa disebabkan kelumpuhan ato penyakit lain.
      setau saya klo suatu penyakit sudah parah biasanya kelinci tidak mau berjalan, karena kesakitan. sepintas terlihat seperti lumpuh.
      nah klo lumpuh itu biasanya ada cacat di kakinya entah di serang hewan lain, terjepit di kandang sehingga ada tulang yang terganggu.

      nafsu makan si kelinci tesebut gimana masih bagus ??

      Delete
  2. kelinci saya umur 2 bulan, pas pagi mo d gendong dianya berontak, trus kejang2, sepanjang hari badan gemetar n kadang kejang2 lagi, sorenya fases mulai encer, gak mau makan, besoknya mati. ini kenapa ya min. & solusinya klo bisa, supaya tidak terulang ;D mohon sekali pencerahan nya thank

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenar nya itu dah kebahas di artikel nya bos,
      kemungkinan paling besar pemberian pakan yang kurang tepat, seperti kangkung dll yang menyebabkan kembung. nah tugas sibos harus lebih memperhatiin lagi soal pakan, lalu kenali baik-baik gejala kembung atau mencret. jd agar ga kejadian lagi sebelum parah itu mudah diobatinya tapi klo telat ya fatal juga akibat nya bos..

      Semoga membantu bos :D

      Delete
  3. itu beneran pakai tolak angin + madu rasa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo sy sih lumpernah coba, itu berdasarkan info dan pengalaman teman :D

      Delete
  4. Kelinci saya sering bersin2 mulu.trus kalo makan ada suaranya kaya pilek gt Itu kenapa yaa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu ciri-ciri mau flu, atau kondisi sekitar kandang berdebu atau sejenisnya

      Klo dah sampe keluar lendir seperti ingus harus segera dibersihkan dan di beri obat flu.
      dan sebisa mungkin di jaukan dulu dengan kelinci sehat lain nya agar terhindar dari penularan

      Delete
  5. Kelinci saya mencret baru hari ini badannya lemas gk mau makan, bulunya kotor kena kotorannya boleh gk klw d.mandiin min? Mencretnya bakal nular gk ama kelinci yg lain?? Tolong jawab min mksih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama yang harus ditanganin mencret nya dulu, di artikel sudah dibahas tinggal dicoba saja yang paling cepat.
      klo dimandiin mendingan jangan dulu, cukup dibersihkan yang kotor nya saja.
      secara langsung sebenarnya tidak, tapi klo disatukan/ berdekatan yang dikawatirin sikotoran tersebut terinjak oleh kelinc yang sehat dan dijilatin kakinya atau tekena pakan dan dimakan nah itu bisa menyebabkan mencret juga.
      semoga membantu :D

      Delete


  6. kelinci saya berumur 2 bulan, aktif, tb2 pemurung krn sy telat memberinya makan. biasanya makan daun ceisim, kondisi kotoran + nafsu mkn msh normal, tetapi suhu tubuh di kupingnya mulai dingin, apakah itu termasuk gejala kembung? kira2 pertolongan pertama yg bs dberikan apa? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo cuma telat sekali dua kali sih ga masalah,
      saya lum bisa mastiin itu kembung atau bukan, tapi untuk pencegahan mumpung masih mau makan kasih daun pepaya aja

      Semoga membantu

      Delete
  7. mas saya mau tanya , kok kelinci saya jadi terbaring terus pola makan jadi sedikit itu kenapa ya mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya klo gambaran nya segitu masih banyak kemungkinan nya..
      Bisa sakit, bisa pakan kurang bagus..

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau sy klo madu doang bukan obat kembung deh...

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Ga baca dulu artikel nya ya :D
      klo masih mau makan mending kasih daun pepaya dulu aja

      Delete
  9. Kelinci saya umur 2bulan, kebetulan temennya kemaren mati krn diare akut.
    Hari ini kelinci saya sudh mulai diare tp masih blm parah. Cuma nafsu makan sudh mulai menurun (tp masih mau makan sih) untuk gerak badannya mau bergerak kalo diluar kandang saja, klo di kandang dia diam aja. Yang saya tanyakan, bagaimana cara mendiaknosa perut kelinci kembung? Dan apakah harus segera membersihkan kandang, supaya diarenya tidak menjadi akut? Dan bagaimana cara memijat perut pada kelinci? Terimakasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo masih mau makan kasih aja daun pepaya,
      klo kebersihan kandang ga harus nunggu diare dulu itu mah wajib minimal tidak ada makanan yang tumpah atau kotoran yang menumpuk apalagi basah.

      cara mendiagnosa nya biasanya keliatan perutnya buncit tapi gerak nya ga lincah, atau dilihat dari kotorannya bisanya aga benyek n cair gtu..

      untuk memijat perut kelinci tekan aja dikit si perut nya di urut searah dari depan ke belakang

      semoga membantu

      Delete
    2. Un tuk pemberian vitamin pada kelinci, apakah boleh diberikan tiap hari?
      Supaya daya tahan tubuh kelinci kuat?
      Karena saya punya hamster,diberi vitamin bayi sekali 2-3tetes tiap hari nafsu makannya tinggi dan jarang sakit.
      Apakah perlakuan hamster sama dengan kelinci ya?
      Trims

      Delete
    3. Pada dasarnya ga pa2, tapi lebih baik baca dulu aturan si vitamin nya itu sendiri
      klo sy sendiri vitamin diberi secara berkala tidak tiap hari

      Delete
  10. Saya mau nanya. Kelinci saya kan mencret, nah pas saya kasih makan wortel, daun pepaya, sama daun jambu biji dia gak mau makan. Tapi pas saya kasih sawi dia mau maka, kalo dari artikel di atas kan sawi mengandung gas yaa? Sebaiknya gimana yaa? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mmm emang gampang-gampang susah sih, sawi lebih baik dihindari aja, daun pepaya biasanya dimakan cuman dikit,
      klo sy klo kaya gtu pakan nya cuman dau pepaya aja 1hari penuh, sambil kasih rebungk juga sih :D jdi pas laper mau ga mau ya makan daun pepaya itu :D

      Delete
    2. Cuma ikutan saran aja.
      Saya punya kelinci umur 2 bulan, saat itu dia lagi mencret. Saya coba belikan obat mencret untuk kelinci namanya Rebung-K. selain itu untuk makanannya saya tetap beri wortel ( karena kelinci saya termasuk kelinci yg tidak suka pellet). Tambahan makanan selama kelinci mencret, saya beri daun pisang dipagi hari. Alhamdulillah sorenya dia sudah tidak mencret lg, dan gk lesu lagi. Semoga pengalaman saya bisa bermanfaat.

      Delete
    3. @Rila Ayu
      thx share pengalaman nya smoga bermanfaat buat teman teman yang lain :D

      Delete
  11. Tante2 & om2, mau nanya dong….
    Penggunaan dry shampoo/ bedak (khusus anak2 hewan) apakah aman untuk anak kelinci yang berusia 2 bulan?
    Kira2 kalau bedaknya dijilat2 akan menyebabkan penyakit ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk lebih pastinya mungkin bisa baca panduan dari produk tsb.
      setau sy kasih bedak its ok tapi harus segera di blower, agar sibedak nya tidak tertinggal jd sibedak tsb cuman diambil wangi nya saja.

      Semoga membantu

      Delete
  12. sis2 agan2 mau tanya nih.. kelinciku umur 2bln+
    awalnya 1 mencret hitam ga ada mucus trus dikasih obat metronizadol dan sembuh tapi makannya masih sedikit.. pas waktu itu masih belum begitu tau, dia minum air mulu disiang hari.. sorenya kambuh mencret tapi kali ini warna hijau dan stengah hari kemudian mati. dia uda bertahan sktr 3 hari.
    trus kelinci kedua ini jg umurnya sama.. mencret jg cair warna hijau tua ga ada mucus.. lgsg dikasih obat.. uda sembuh jg.. tapi karena uda baca2 dan pengalaman yg pertama.. dan jg diinfokan dari seller ktnya ga usa dikasih minum.. cmn kasih daun pepaya/daun pisang yg dilayukan min 6 jam.. uda baikan sih dia.. dan fesesnya uda mulai padat.. hanya sedikit nempel dan tidak ada mencret lagi.. krn dia ga mau makan bnyk dan cuman beberapa helai daun kecil.. jd saya baca2 dikasih air madu hangat jd saya pun kasih air madu hangat tp cuman satu sendok makan gt saja.. trus sorenya ada mencret cair hijau tua lagi tapi ga banyak.. jd saya pun takut dan ga kasih minum sampai besok.. cuman kasih daun pisang dan pepaya yg dilayukan.. dia makin lemes.. tapi dia uda mulai mau makan pelet 1-2biji + daun pepaya & daun pisang.. kiranya saya dia uda mulai baikan.. ada pipisnya juga dan fesesnya juga.. agak lembek n nempel. tapi tengah malamnya malah meninggal. kenapa yah? apa karena lemes?
    kl misalnya kejadian begini.. hrsnya bagaimana yah? katanya ga boleh minum.. tapi takut dehidrasi krn mencret..
    trus kl kambuh jg harusnya gmn?
    kl ga mau makan harusnya gimana?
    warna fesesnya ada indikasi kah? mohon bantuannya.. ini tinggal kelinci 1 ekor lagi semoga bisa panjang umur >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. mmm sudah di usahakan semaksimal mungkin tapi tetep mati, apa mau dikata itu kehendak ilahi :)

      klo sehari2 biasa dikasih pakan apa?

      klo pengalaman jika ketauan tapi dia masih mau makan kasih daun pepaya dan Rebunk. untuk minum sy sih selalu ready aja...

      Oya, klo boleh tau agan yakin kelinci nya umur 2bln++
      karena kelinci umur dibawah 2bln pencernaan kelinci sangat rentan apa lagi klo pemberian makanan yang berubah ubah secara mendadak.

      Delete
    2. Berarti boleh dikasih minum asal ga terlalu bnyk kah? Pas saya beli.. itu dikasih makan pelet . Jd mrk uda terbiasa makan pelet. Saya ada sediain pelet dan hay bersamaan tp ttp dimakan o
      peletnya tetapi haynya ga disentuh atau cuman 1-2 batang.

      Kemarin mencret krn kasih makan wortel sih. Pas liat kelincinya ga da nafsu makan. Hay dan pelet ga disentuh sama skali dan hanya minat sama wortel. Jd dia nya cmn makan wottel sharian. 4cm wortel bagi 3 kelinci. N disuapin bukan dibiarkan gt saja. Kelinci 1 lagi makan wortel n pelet dan sehat2.

      Kl begitu utk kelinci umur segitu kl pas lagi sakit, daun pepaya dan daun pisang itu diberikan sampai dia bener2 sembuh total dan mau makan? Kira2 berapa banyak dlm 1 hari? Kl dia 3 hari ga mau makan, dikasih 3hari berturut2 seharian gapapa kah?

      Delete
    3. Boleh,
      untuk pelet pastikan aja mengunakan pelet yang sama merek nya..
      klo hay emang kaya gtu..

      untuk seberapanya ya semau nya aja..
      klo sya klo lgi sakit biasanya ful kasih dau pepaya dan pelet n air selalu tersedia.
      klo dah keliatan sehat, baru makan an yang lain.


      oya klo boleh tau beli di petshop, ato pinggir jalan gtu ato di breader..

      Delete
  13. Belinya di breeder gan ^^
    oh gt yah.. makasih yah tipsnya ^^

    ReplyDelete
  14. Mw tnya. Kl kelinci baru sebulan dksh mkan kangkung wortel kol kacang sm pelet bisa kena sakit ya? Mendadak gamw makan cm minum aja.suka menyendiri.trs kedengeran suara ngegigit pdhl kelincinya gamakan kira2 knp ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mmm kemungkinan nya sangat besar, apa lagi di kasih kangkung.
      coba baca artikel sy ttg makanan kelinci deh.
      1 bulan itu pencernaan nya masih rentan makan tuh hanya coba2 n melatih pencernaan nya. maka nya umur sgitu masih disatuin ama induk nya.

      semoga membantu

      Delete
  15. sore, kelinci saya sudah umur 1 tahun. selama ini tdk pernah sakit, tapi 2 hari ini sudah tidak BAB. sama sekali tidak ada BAB. kalau urinnya masih normal. bagian perut nya ada yg menonjol dan keras (seukuran telur). saya sudah coba pijat dan beri madu tapi belum ada efek. minta bantuannyaaa :( stress banget liat kelinci kesayangan sakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah itu pasti ada yang ga beres dari sistem pencernaannya..

      pakan nya di kasih apa ya,
      klo masih mau makan bisa di coba pake daun pepaya..

      Delete
  16. kalau kelinci saya mencret tapi ada yg beraknya bulat,masih mau makan itu kenapa ya tolong solusinya pliz tuh kelinci kesayangan saya ?kira kira obatnya apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diasrtikel nya dah ada deh :D
      bisa dikasih daun pepaya aja bos

      Delete
  17. kelinci saya sekrng mencret, klo saya masukkin bubuk obat diapet ke dalam minumannya boleh nggak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menurut referensi lain bisa, tpi jujur sya sendiri belum bernah coba

      Delete
  18. Kelinci saya udah seharian ini tidak mau makan dan minum. Kira kira kenapa yaa? Sempat memang (pelet) makanannya saya ganti..apa krn pengaruh itu? Atau kembung? Bgmn cara mendeteksinya?? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ganti pelet sebaik nya ganti nya jgan mendadak..
      coba di ganti dengan pakan seperti wortel, sosin atau rumput

      klo kembung bisa dilihat perutnya dan kondisi kotoran nya

      Delete
  19. Kelinci saya seharian makan banyak tapi dia cuma makam wortel saja, dia tidak bab seharian sampai pada sore tadi dia bab sangat sedikit dan fesesnya lembek sangat sedikit sekali tapi dia tetap mau makan lahap tapi prilakunya nggak selincah biasanya, kira2 kenapa ya? Gimana menanggulanginya? Makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan ada masalah dipencernaan nya..
      kembung/ gejala diare..
      mumpung masih makan, coba buru2 kasih daun pepaya..
      semoga membantu

      Delete
  20. Kelinci saya baru tadi pagi mencret, sudah dikasih enterostop, tp dia tidak mau makan, itu gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mmm coba di kasih rebung klo gtu..
      pngeobatan pake enstrostop jujur sy lum pernahc coba, cuma berdasar kan pengalaman dan referensi dari blog lain

      Delete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Gan saya mau tanya dong...!!
    Kelinci saya akhir2 ini cenderung kurang nafsu makan..
    Padahal faforitnya kangkung..
    Tp gak mau makan jg..
    Begitupun dgn wortel tetap aja jarang disentuh makanannya...
    Kira2 pakan apa yg cocok buat kelinci saya..
    Mohon bantuannya gan..!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba baca2 tentang makanan kelinci,
      kangkung tuh walau pun doyan tapi sangat beresiko.
      itu kemungkinan besar kembung karna kebanyakan makan kankung. kalo masih mau makan bisa kasih daun pepaya, klo ngga ya di kasih obat.

      Delete
  23. gan.. kelinciq umur.y -+ 1bln(baru beli d pinggir jln soal.y).. 9 hr sm sya baru bab,tp lgsg mencret akut gitu,lgsg lemas kelincinya,slama ini sy kasi wortel n kangkung,ksi mnum susu 2× shri,,tpi sjk 2 hr llu,ank sy ksi makan coklat n kue gitu,nasi ikan,n tempe.. apa krna mknan.y itu yg bwt dia mencret,,oia ank sy jga sring bngt gendong2 si kelincinya,atw kandang.y yh d angkt k sna kmari..apa krna itu jga dia jdi stres?
    mhon blsan.y..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelinci umur dibawah 1,5 bulan itu belum lepas sapih, makan pun baru belajar.
      pencernaan nya lum sempurna dan rentan stres karena masih masa menyusui.

      kangkung pakan yang kelinci doyan tapi beresiko tinggi. coklat, kue dll ada kelinci yang mau makan tapi sangat buruk untuk perkembangan nya. apalagi bagi kelinci yang pencernaan nya masih belum stabil.

      terlalu sering di gendong apalagi di gendong dengan kasar, sangat rentan stres.

      saran sy karena sudah terlanjur, jauhkan dulu dari anak2, stop makanan yang dikasih cukup diganti daun pepaya untuk beberapa hari kedepan. berikan rebungk dan vitamin.
      kemungkinan selamat sih 50:50.

      klo mau beli untuk anak lebih baik yang berumur diatas 3bulan, sebisa mungkin membeli ditempat yang bisa dipercara terutama mengenai umur dan pemberian pakan.
      semoga membantu

      Delete
  24. Gan,,, cara deteksi umur kelinci buat org awam kayak saya gimana ya?
    Karena kemarin sy beli kelinci di breeder katanya sih 2,5 bln. tapi kok kayknya masih baby banget :(
    Trus sampe rumah, emang sih makan melulu, pelet + hay. minum kuat.
    tapi kenapa ya, abis makan, tidur, abis makan, tidur. nggk mau main walaupun kandang dibuka.
    trus kalo tiduran itu selonjoran, kalo bangun kayak kaget gitu, trus langsung garuk2 badan, telinga, sama muka.
    saya takutnya, dia nggak mau maen, karena kembung kena angin, saya kan belinya dari luar kota 2,5 jam perjalanan, dengan istirahat di setengah jam.
    trus dia suka bangun kaget trus garuk2, apa iya mungkin dia kena kutu?

    Tolong ya gan pencerahannya. terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejauh ini yang sy tau diteksi umur cuman di tanya atau di tebak. :D

      klo beli dari breeder sih biasanya ga jauh umur nya 90% pasti akurat.

      selama makan, minum masih ok ga usah terlalu hawatir tinggal perhatiin aja kotoran nya klo bulet-bulet gtu itu normal klo dah cair baru ada apa2.
      tidur selonjoran itu normal klo bangun kaya kaget pasti ada yang ngagetin kaya suara2 keras dll. telinga kelinci itu sensitif.

      untuk pencegahan mumpung masih mau makan kasih aja daun pepaya. garuk2 menurut sy itu masih normal deh perhatiin aja ada kerak2 kaya ketombe ga?

      klo karna perjalanan biarin aja mungkin masih adaptasi. btw dah berapa lama kelinci ada di rumah nya??

      Delete
  25. Gan saya mau tanya, kelinci saya 2 hari terakhir ini setelah saya mandiin babnya jadi ada cairannya,telinga sama suhu badanya ga dingin, perutnya juga ga kembung. Tapi lebih pendiam sama porsi makannya lebih sedikit (worter & sesim), kira" itu kenapa ya gan? Karena dingin atau mau ngegedein kaya anak bayi gitu soalnya baru umur 2 bulanan gan. Maklum saya pemula hehe. Tolong sarannya yah gan, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pakan nya dikasih rumput juga
      klo bisa dikasih vitamin juga.
      kalo di mandiin sih rekomen nya 3 bulan keatas. tpi klo dah terlanjur sih pastiin aja kering total.

      Delete
  26. Min kalau kelinci saya mencret akut enggak mau makan sama sekali terus harus gimana ya min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus pake obat salah satu nya rebungK
      coba bantu juga di urut-urut pelan perut nya..

      semoga masih ketolong bunnya nya

      Delete
  27. Mas tadi saya iseng nepuk perutnyaa lili(kelinci saya) , trus bunyinya seperti kembung, tapi kondisi eeknya normal sih, dia juga masih biasa aja. Tapi takut2 dia sakit, apa boleh kasih daun pisang sedikit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk pencegahan itu lebih baik..
      selain daun pisang bisa juga daun pepaya

      Delete
  28. Kak,cara obatin anak kelinci mencret bagaimana? Takut kasih obat-obat gitu.. soalnya baru beberapa hari lahirannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo cara nya udah di bahas di artikel, initinya klo masih mau makan kasih daum pepaya aja, klo sudah ga mau kasih rebungK.
      Yang terkena mencret induk nya ato anaknya.
      klo anak nya umur beberapa hari terus terang sy ga tau setau say anakan dibawah 2 mingguan belum mengenal makanan masih full asi. ko bisa kena menret ya..

      Delete
    2. Bang kelinci saya nggak suka minum

      Delete
    3. Disediain aja selalu klo bisa pake dot/botol kelinci.
      pasti di minum cuman ada yang banyak ada yang sedikit

      Delete
  29. Bang saya baru beli kelinci tadi pagi katanyaa umurnya dua bulan emang badannya gede sihh, awalnya dia makan rumput pas sampe rumah saya kasih timun sama pelet ehh pas sore dia mencret kembung menyendiri akhirnya dia mati, solusinya buat kedepannya gimana yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. mm kita anggap aja umur dah bener la ya..
      sy lum pernah denger tuh kelinci makan timun.
      untuk kedepan nya coba perbanyak referensi tentang makanan kelinci. klo kira2 tidak aman kaya timun, kangkuns, nasi, pelet ayam dll walau pun ada kelinci yang mau dan beisa bertahan hudup saran saya mending dihindari saja,
      klo baru beli dari orang sy u/ pakan kasih dulu sesuai yang sebelum nya dikasih bru pelan-pelan di kenalkan pakan yang lain.
      semoga membantu

      Delete
  30. Kelinci saya baru 2bulan, dikasi makan pelet...trs sy bikin kandang pake pager, jd di lantai dalem Rumah..pernah sy kasi caisim tapi dikir, krn ga ada reaksi apa2, bsk sy kasi cemilan caisim jg..semalem sy kasi wortel dikit...hr ini sy kaget..kelinci sy mencrett...apa krn tdr di lantai jg penyebab kembung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo kelinci 2 bulan baru beli dari penjual pinggir jalan kemungkinan belum genap 2 bulan pencernaan nya masih rawan,

      sebelum2 nya pernah dikasih makanan yang mengandung gas ga, kaya kangkung, kol, sawi putih dll...
      klo karna tidur dilantai sih kayanya ngga deh

      Delete
  31. gan mau tanya kelinci saya kena mencret, uu
    trus lemes, makannya juga susah , itu cara obatinnya pake apaya? tolong ya gan kasih infonya soalnya kelinci kesayangan saya:(

    ReplyDelete
  32. Maaf baru repply, klo dah ga mau makan kasih rebungK atau permethy..
    atau obat lain nya...
    harus cepet2 tuh gan klo dah ga mau makan gtu mah

    ReplyDelete
  33. Min kelinci saya umur 2-(bulan) dari pagi sudah lemes n tidur miring terus itu kenapa y ? Makanya sudah teratur sy kasih wortel n daun pepaya mau tapi kalau minum tangan sy hatus dibasahin dlu baru di jilat2 karna kalau tidak dia nggak mau minum,saya takut kelinci saya mati karena ini satu2ny kelinci sy trim min..

    ReplyDelete
  34. klo masih mau makan diterusin aja daun pepaya nya, minum nya ya ditelateni aja kaya gtu dulu..
    btw apa ada luka gtu ga ya..
    trus kotoran nya gimana

    ReplyDelete
  35. Bang, saya mau tanya. 4 hari yg lalu saya beli fuzzy lop. Kata breedernya sih umur 2 bulan. Waktu dibeli sampai perjalanan pulang, telinganya turun semua. Pas dirumah sampai sekarang, satu telinga yg kanan itu berdiri terus. Kalau di elus bisa turun sih, tapi bentar aja. Pas kelincinya gerak, naik lagi telinga kanannya. Itu kenapa ya bang? Stres atau gimana? Trus penanganannya seperti apa? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies





    1. Setau sy umur 2 bulan FL ada yang udah turun full ada juga yang masih kadang naik kadang turun, coba aja tunggu beberapa hari kedepan liat perkembangan nya..
      btw dah di tanyain ke tempat belinya lum biar lebih pasti,,


      Delete
  36. Min, aku punya kelinci umur 1 setengah bln td malam dia maen didpn kipas. Trs pagi nya kotorannya sedikit lembek. Akhirnya aku kasih tolak angin sm madu. Dia cm mau makan wortel. Udah lumayan mau gerak2. Gmn caranya biar dia mau lincah lg? Kira2 dikasih apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih daun pepaya aja, klo ada kasih rebungk juga..
      klo 1,5bulan itu minimal banget lepas sapih jadi lum begitu sempurna pencernaan nya

      Delete
    2. Tp udah ga mencret min, cm masih lemes aja. Daun pepaya nya masih segar/ di layu kan dl?

      Delete
    3. btw kelinci itu baru beli atau anakan sendiri..
      coba di umbar..
      daun pepaya bebas yang penting pastiin aja bersih

      Delete
  37. Iya itu kelinci beli sekitar 1 minggu yg lalu. Pertamanya lincah bgt ga mau diem gara2 maen didpn kipas paginya lgsg lemes. Mau lari2 tp cm bentar trs diem. Ga mau makan jg skrg klo diumbar sukanya gigit2 tembok dia. Sering tidur jg. Solusinya gmn ya min biar dia mau makan trs lincah lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedikit menganalisa..:)
      kelinci skarang umur 1,5 bulan (6miggu) beli seminggu yang lalu, artinya belinya dibawah umur sapih. belum lagi klo beli di pinggir jalan kemunggkinan besar kelinci di sapih di umur 3-4 mingguan.
      ini salah satu faktor kenapa kelinci sering sakit dan mati.
      Klo mau beli kelinci lagi bisa baca dlu ini :D
      back to point :D
      klo bisa diumbar dihalaman yang banyak rumput/tanaman nya biar sikelinci refresh, oya pakan nya biasa di kasih apa aja

      Delete
  38. Min, kelinci ku akhirnya mati. Padahal akhir2 ne udah sehat mau lincah lg. Tp sore ne mati, padahal td siang dia masih mau makan wortel dan lari2 setelah itu lemas cm diem dan tidur. Setelah bangun mau lari bentar trs lemes lg kayak lumpuh ga bs berdiri, ditaruh udah kayak anjing tidur. Setelah itu kejang2 trs mengeluarkan suara trs mati. Cm selang setengah jam dr lumpuh. Kira2 knp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bnyak faktor sih.. coba baca di Sini dulu

      yang pasti ambil hikmah nya aja, jangan kapok pelihara lagi :D

      Delete
  39. Ini kelinci saya kemarin dia gk semangat . Sekali pagi ini dia mencret. Mau kasih minum tolak angin tapi dia gk mau buka mulut.... ini mau kykmna dia juga gk mau makan....

    ReplyDelete
  40. Lalu saya sering kasih kangkung...apa itu penyebabnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. absolutely Yes...
      kangkung si kelinci emang doyan banget. tapi kandungan gas di sikangkuns sering makan korban. apalagi klo daya tahan kelinci lemah.

      Delete
  41. terimakasih untuk informasinya, sebenarnya klo dibiarkan tanpa di obati, penyakit apapun bisa menjadi berbahaya,

    ReplyDelete
  42. Ini kelinci ay lulu kemarin meninggal...lalu hari ini kelinci saya lili mencret dikasih makan gk mau lalu saya kasih tolak angin paksa minum harus diapain baru bisa sembuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di artikel nya dah dibahas deh,
      klo dah ga mau makan harus cepet-cepet kasih obat

      Delete
  43. Klo di jemur boleh tak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kaya nya mending jangan deh, tpi sy lum pernah coba juga deng..

      Delete
  44. Klo dikasih jahe mentah boleh gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mm lumpernah denger apalagi coba. klo kasih air jahe pernah denger tpi lum pernah coba juga.

      Delete
  45. Uraniwa rbbit ini kelinci saya dia mencret. Lalu gk mau makan lqgi.walau dikasih makanan kesukaannya pun gk mau. Iniharus kyk mna???

    ReplyDelete
    Replies
    1. di artikel nya dah dibahas deh,
      klo dah ga mau makan harus cepet-cepet kasih obat

      Delete
  46. min mau nanya kelinci saya berumur 3 bulan tadi pagi masih main,trus tiba2 pupnya cair berwarna hijau dan gamau makan itu kenapa yah? bagaimana cara mengobatinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf kelamaan balas nya, sekarang masih hidup kah..
      bisa kasih daun pepaya atau daun pisang.
      kalau obat pake rebunk

      Delete
  47. min, tdi siang klnci ku dikash makan kangkung trus sorenya mncret, waktu itu pernah dikasih daun pepaya tpi cuma sdikit, klo dikasih daun pisang makannya lahap bnget. kta tmen boleh mkn kangkung asal jgn dimasukin di kulkas apakh itu betul min? tolong penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kangkung mau digimanain juga lebih baik jangan. emang sebagian kelinci ada yang masih tahan di kasih kangkung tpi kebanyakan ngga.
      bisa baca ttg Makanan Kelinci

      Delete
  48. min, kelinci sya suka makan nasi sma tulang ayam tpi kdang2 hnya nasi yg dimakan apakah itu boleh untuk klnci yg umurnya 2+? trus tdi sore klnci ku mencret karena aku kasih makan kangkung lalu aku kasih makan wortel aja apakah itu cukup untuk klnci yg umurnya 2+?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo ngomong boleh apa ngga ya boleh boleh aja selama kelinci nya mau. tapi klo bicara bagus apa ngga buat kelinci nya , itu sangat ga bagus,
      klo wortel aja sih kurang bagus nya di kombinasi hay, sayuran, rumput ama pelet

      Delete
    2. Min, saya mempunyai kelinci..
      biasa'y saya kasih makan bayam, wortel & kol..
      tp tiba" kelinci saya jd diam, g mau makan & mencret..
      Saya sudah kasih daun pepaya, daun pisang & wortel tp tetap g mau makan..
      saya hrs bagaimana yya.. mohon info'y.. trims

      Delete
    3. Kemungkinan itu masalah pemberian pakan,
      bayam ama kol termasuk makanan yang lebih baik kalo di hindari.
      klo sudah ga mau makan harus di kasih obat.

      Delete
  49. gan, saya bru beli kelinci umur 4 bulan, tapi sampai rumah bersin2 seperti flu dan duburnya basah seperti mencret..
    untuk flunya, obat alami yg bisa dikasihkan apa ya???
    klu mencretnya saya sudah kasih daun pepaya san daun pisang, alhamdulillah masih mau dimakan..
    mohon bantuannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah bereapa lama, untuk mencret nya terusin aja daun pepaya nya klo masih mau makan sih alhamdulilah.
      klo bersin bersin bisa dari keadaan kandang yang berdebu, atau adap tasi kelinci kasih biobig + di umbar sy rasa cukup selama di hidung nya tidak keluar ingus gtu

      Delete
  50. Maaff saya mau tanya, kalau yg jahe + gula merah itu yg anda sudah coba, apakah berkhasiat? Apakah kelincinya sembuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sendiri belum pernah coba, Beberapa teman pernah coba dan berhasil katanya itu juga :D

      Delete
  51. Min kelinci aku kenapa ya diam terus matanya sayu tpi badannya ga kembung makan pun gamau d apa"in pun diam

    ReplyDelete
  52. Mas saya mau tanya kelinci saya baru beli dan berumur 2 bulan paginya dia mencret kotorannya lembek tapi di malam hari kotorannya keras (normal)

    Padahal karna tau dia mencret pagi saya langsung kasi daun pepaya dan dia mau makan besok harinya gitu lagi paginya saya kasi obat mencret nama obatnya (norit) cuma sekali saya kasi obat mencretnya malamnya normal saya kasi pelet. Padahal peletnya juga seperti yang biasa dia makan saya beli di tempat yang jual kelinci. paginya gitu lagi sampai seminggu lebih saya pelihara gitu2 aja padahal kalau di lepas dia lumayan lincah

    Itu kenapa ya mas paginya dia mencret kotorannya lembek seperti kotoran lembu malamnya keras (normal) saya udah pijat2 perutnya tekan pelan2 tapi gitu juga tetap. tolong solusinya dong saya udah berusaha sebisanya, kasihan dia bulunya jadi jorok dan bau makasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ga tau pasti, kemungkinan kelinci nya itu masih dibawah 2bulan, ato bisa juga pengaruh minum nya atao kondisi kandang.

      tpi yang pasti selama dia masih mau makan kasih aja terus daun pepaya nya, ama sering2 diumbar.. pantau terus perkembangan nya min. selama 1 mingguan lah,,

      Delete
  53. Mas saya mau tanya kelinci saya baru beli dan berumur 2 bulan paginya dia mencret kotorannya lembek tapi di malam hari kotorannya keras (normal)

    Padahal karna tau dia mencret pagi saya langsung kasi daun pepaya dan dia mau makan besok harinya gitu lagi paginya saya kasi obat mencret nama obatnya (norit) cuma sekali saya kasi obat mencretnya malamnya normal saya kasi pelet. Padahal peletnya juga seperti yang biasa dia makan saya beli di tempat yang jual kelinci. paginya gitu lagi sampai seminggu lebih saya pelihara gitu2 aja padahal kalau di lepas dia lumayan lincah

    Itu kenapa ya mas paginya dia mencret kotorannya lembek seperti kotoran lembu malamnya keras (normal) saya udah pijat2 perutnya tekan pelan2 tapi gitu juga tetap. tolong solusinya dong saya udah berusaha sebisanya, kasihan dia bulunya jadi jorok dan bau makasih ya

    ReplyDelete
  54. Mas ..maap mau tanya nihh..
    Kelinci saya skitar 2 bln an..
    Di kasih mkan nya rutin..
    Biasa nya saya kasi wortel.+sawi putih+ pelet juga
    Tp knp ya kotoran nya lembek.. Dan berwarna ke orenan....klo bleh tau apa daun pisang atau pepaya bner2 ampuh.. Trus apa bleh kelinci d beri mkan buah pisang atau bengkuang..thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. lembek nya encer gtu gan, oya sawi putih mending jangan deh.
      daun pepaya dan daun pisang insyaAlloh ampuh sy dah coba sendiri juga.
      klo u/ buah pisang sih boleh aja tpi jangan terlalu banyak. klo benkuang sy belum pernah coba n belum pernah denger

      Delete
  55. Ooo..okk..
    Tp sya dah coba kasih daun pisang..
    Tpi dia ttep aja g mau....
    Trus sudah di coba kasih tolak angin cmpur madu msh g berhasil..
    Skrg sya cba ksh diapet..
    Dan hsil nya msh nol..
    Buang air nya msh lmbek dan berair gtu..
    Lmbek nya itu kya jelly dan agak ke orenan..
    Sdah 5 hari kotoran nya sperti itu....
    Di ksh mkn wortel cma mkn sdikit sja..
    Berat badan bnar2 mnurun drastis..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba daun pepaya..
      trus coba cari obat kembung husus kelinci seperti RebungK, Permethyl dll. trus cekokin aja langsung

      Delete
  56. Lembek nya itu kaya jelly gtu..dan agak berair ..
    Saya dah cba ksh daun pisang.. tp dia ttp g mau..
    Trus bsok nya saya ksh tolak angin sma madu tp msh g ampuh.. trus saya ksh diapet dan hasil nya msh nol.. msh keluar kotoran yg lembek kaya jelly dan bentuk nya msh bulet2 gtu.. tp keliatan agak k orenan warna nya ...brat bdan nya dah mulai mnurun smpe tulang2 nya berasa bgt klo d pegang ...g ada smgat lg ..kasian liat nya..skit nya dah 5 harian..
    Msh blm nmu in obat yg bner2 ampuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengobatan kembung and mecret ga bisa seketika harus telaten..
      pokonya usahain bagai mana cara nya ada asupan yang masuk ke kelinci.

      Delete
  57. Maap mas,mau numpang tannya.kelinci saya umur 2'5bln,hr ni saya liat bab nya encer,biasanya cmn saya kasi jagung dan wortel,,dan kelinci saya lepas d halaman belakang yg byk rumput jepang dan d makan.itu uda pasti diare ya?soalnya saya baru pertama kali plihara kelinci dan td kelinci nya saya basahin dr anusnya ampe kaki, buat bersihin.badan tetap kering,bisa bahaya ga ?makasih mas buat infonya sarya~yogyakarya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf nih klo boleh tau beli kelinci nya dimana..
      masalah nya u/ umur ini suka membingungkan.
      klo jagung sih boleh aja tpi saran saya jagan terlalu sering.
      u/ minum nya gimana dah di kasih..
      klo masih mau makan cepet2 aja kasih daun pepaya + cari oba kembung buat kelinci salah satu nya RebungK

      Delete
  58. Gan, 2 hari yg lalu saya beli kelinci. sblumnya sama yg jual dikasi makan jagung. trus malemnya saya ksih makan jagung sama wortel, pertamanya dimakan. besoknya saya lepas dihalaman, dia makan daun2 kecil semacam rerumputan, trs waktu dimasukka rmh lagi, sorenya dia gak mau makan wortel, cm jagungnya aja yg dimakan. gt sampe pagi.
    akhirnya saya keluarkan lg ke halaman krn takutnya stress. dia akhirnya mau makan daun2 kecil yg baru tumbuh tp cm dikit. trs kelinci saya disamperin kucing, dianya kaget sama ketakutan, akhirnya saya masukinke dlm rumah, ga lama kotorannya jd lembek.
    apa krn dia stres disamperin kucing ya? ato ga cocok makan rumput daun dihalaman?
    apa perlu dimandikan juga? karena kotorannya nempel di pantat dan kakinya?
    mohon infonya dan gmn ngatasinnya.
    trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf telat balas,
      bisa jadi stres. bagai mana dengan minum nya tersediakah?
      klo masih mau makan buru2 kasih daun pepaya aja

      Delete
  59. Gan mau tanya nih kelinci saya tidak mau makan apa apa, sekalinya makan hanya sedikit, saya bingung takut dia mati

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti ada apa2 nya..
      coba terahir di kasih makan apa, periksa kondisi kotoran nya.
      klo ada kasih viatamin. klo sudah pasti kena menret atau kembung cepet-cepet kasih obat

      Delete
  60. Gan minta contak ny dong boleh ga makasih

    Ni email ane utinhana@gmail.com
    Wa 08990761777 makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok, Dah sy WA ya...yang belakang nya 0374

      Delete
  61. Gan kelinci saya bulunya rontok . Makannya sedikit gak selincah biasanya pula . Itu ginana yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah terlalu general, rontok ama ga lincah bnyak sekali penyebabnya,
      bisa dari pakan, sakit, stres juga bisa

      Delete
  62. aku mau tanya kalau kelinci dikasi makan rumput yang banyak boleh tidak ,pleas jawab?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar bos, blog ini comment nya di moderasi..
      rumput salah satu pakan alami yang bagus buat kelinci, tpi pastikan rumput nya tidak keras seperti rumput gajah sejenisnya

      Delete
  63. Aku mau tanya kelinci ku kayak ada gantungan2 kotoran di lubang pantatnya dan tidak mau lepas itu penyakit atau apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gantungan gimana ya..
      mungkin itu kotoran yang ketahan ama bulu-bulu nya,
      kondisi kelinci nya giman..
      makan nya masih lahap n lincah ga

      Delete
    2. Kayak usus2 gitu, makanx masih lahap

      Delete
    3. Waduh, terus terang sy ga ngerti, tpi pernah pengalaman teman, perutnya buncit trus ada kaya keluar2 gitu, pas ditarik keluar kaya anakan yang ga jadi sempurna gitu..
      tapi ga tau kasusnya sama apa ngga, tpi saran saya sih mending ke Drh aja gan. dari pada resiko..

      Delete
  64. Mau bagi pgalaman ni.klinci saya umr sktr 4 bulan.prnah pgi2 saya liat mencret krna mmakan kakung yg sgr.liat dia mencret lagsung saya mandikan dgan air hangat.sluru bdan dan sya kringkan dgn handuk.dan diagin2kan.mmang klinci gak nfsu mkan.tpi untk pggnti cairan tbh klinci sya brikan oralit.scara brthap.dan sorenya klinci sya sda mlai mau mkan.
    smgga brmanfaat buat tman tman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sharing pengalaman nya..
      semoga bermanfaat.
      klo boleh sy tambahin mengenai dimandikan harus hati2 lihat kondisi kelinci dan pastikan kering lagi.

      Delete
  65. Gan mau tanya,1 minggu yg lalu sy beli kelinci sepasang di toko hewan umurnya -+2bln. Yg betina lincah bgt,nafsu makan tergolong lumayan bagus. Tp yg jantan itu nafsu makan sedikit,minum jg sedikit itupun mau minum klo dsuapin gan,kurang lincah. Kelinciku plg doyan cm kol dan bekatul (pakan anak ayam), di kasih wortel ga di makan gan. Padahal sebelumnya sy pernah beli kelinci angora kasusnya ga spt ini. Kira2 ada solusinya ga ya gan buat kelinciku ini lebih2 buat yg jantan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kol, kangkung, bayam, sawi putih mending jangan dikasih..
      coba kasih rumput atau sosin atau selada, + dau pepaya. Klo bisa kasih RebungK juga.
      kelinci nya di umbar atau di kandangin ya

      Delete
  66. Kk saya mau tanya sdikit,,,kk saya beli 2 ekor kelinci 2 hari yg lalu,,,saya kasi makan nx kangkung,wortel,dan seledri. Yg satu nx dia mau mkn wortel,tapi yg satu nx lagi ogah"an kk,,,dia malah diyan banget sama kangkung.sdangkan yg kk bilang di diatas kangkung itu mnhandung gas dan gx baik trllu bnyak untuk kelinci. Yg saya mau tanyakan gmn y supaya dia gk trgantung mkn kangkung? Gmn supaya dia juga suka wortel kk?
    Soal nya lau gx dikasi kangkung mkn nx dkit bahkan gx mau... Tolong beri solusi nya kk... Trima ksih kk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya jangan dikasih kangkung dong..
      ganti aja ama saosin atau selada yg bisa suka dipake lalapan.
      Pada dasar nya kelinci selalu langsung makan apa yang kita kasih..

      Delete
  67. Kelinciku tumben pendiem, biasanha sih ngk bisa diem gitu dan makannya ndk dihabisin, itu knpa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak faktor, bisa ga cocok makanan nya apa ada sesuatu ama kelinci nya

      Delete
  68. Kak saya mau tanya kelinci saya umur dua bulan saya kasih pelet kotoranya bulat beberapa kemudian mencret

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli di petshop, ato peternak..
      klo di petshop, kasih umur 2 bulan, kemungkinan itu 2 bulan kurang, atau 2 bulan pas. kemungkinan besar dari si peternak sudah di lepas sapih kurang dari 2 bulan. itu ga bagus. karena sudah terlanjur, jaga pakan nya saja klo bisa sering-sering diumbar.
      pelet udah ok, air minum jangan lupa, sayuran atau rumput diperbanyak dlu.

      Delete
  69. Halo,selamat tahun baru. Saya pemula banget pelihara kelinci.umurnya 3 bulan.dalam 2 hari ini lagi berjuang banget ngelawan diare si kelinci, sesuai anjuran diatas, selagi msih nafsu makan dikasih daun pepaya. Nah, biasanya berapa lama kelinci mulai pulih dgn makan daun pepaya?kondisi yg gimana kita bisa tau kalo diare nya semakin parah? Thank you :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, sorry baru buka lg blog ni...
      klo berapa lama nya tergantung tingkat keparahan ama daya tahan kelinci nya sendiri. ada yg 1 hari ada yang 2 bahkan ada yang nyampe seminggu.
      poko nya di pantau dari kotoroan ama tingkah laku nya aja, klo kotoran nya semakin encer berarti tambah parah tpi klo tambah bulet ama kering itu bagus.
      tingakah laku nya klo sudah membaik bisa nya akti lagi minimal ga diem aja trus nafsu makan nya naek lagi

      Delete
  70. anakan kelinci saya umurnya kurang lebih 1 bulan kok tiba tiba mati mendadak kenapa ya?? Dan yang lainnya kok kayak perutnya membesar

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo kenapa nya sy ga bisa jawab, tpi klo dari gambaran yang dikasih, kaya nya kembung..
      coba aja di ingat2 lg barang kali ke belakan2 ada tritmen yang salah atau apa gtu gan

      Delete
  71. Kelinci saya kan ada tiga, terus ke tiga tiganya mencret, lalu saya kasih obat Kotri ketiga tiganya. Dan setelah tiga hari dia nggak mencret lagi, terus empat hari setelah itu dia nggak BAB. Lalu di periksain ke dokter hewan, katanya ketiga tiganya kembung karena terlalu banyak dikasih obat,dua hari setelah itu satu kelinci mati.dan dikasih obat Natrium Bikarbonat (bicnat) kedua kelinci saya itu anjuran dari dokter hewan. Apakah kelinci yg sedang dikasih obat kembung itu tidak boleh dikasih makan banyak? Mohon penjelasnnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau sy selama kelinci nya mau sih ga masalah, tpi bagus nya di porsi aja.
      trus selama pemulihan pakan yang di kasih juga usahakan pakan konsentrat atau pelet kelinci lebih banyak.
      semoga membantu

      Delete
  72. Gan kalo pemberian daun pepayanya di layukan dulu ga? Bagaimana dengan getah yg ada di daun pepaya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebener nya bebas sih, tpi klo sy bisa nya di bersihkan dulu, trus di angin2 sampe setengah layu gtu.
      u/ getah di daun pepaya setau say ga da getah nya di daun nya deh, mungkin di batang nya. klo di situ mah klo dah di petik di bersihin jg ilang

      Delete
  73. Saya punya dua kelinci , kelinci pertama, 4 hari yang lalu mencret. Saya kasih daun pisang, masih mau makan. Sore nya sembuh.
    Jumat kemarin sore, yang coklat sakit mencret juga. Gak mau makan.. Saya kasih obat mencret dan saya kasih minum juga. Paginya dia mulai aktif lincah dan mau makan, telinganya juga masih hangat, api masih mencret.. Saya cepet2 kasih daun pisang.
    Malemnya dia gak mau makan. Telinganya dingin trus dia juga lesu.. Saya kasih obat lagi. Sambil sy pijat2 perutnya
    Tapi paginya dia mati.. Saya sdih banget.
    Untuk temannya, tindakan pencegahan apa yg perlu saya lakukan agar tidak terserang mencret lagi?
    Fyi, Kain alas kandang saya ganti sehari sekali. Kalau bawah kandang (penampung kotoran saya bersihkan 2 x sehari). Pakannya say berikan pelet skr dengan porsi 1 genggam untuk masing2 kelinci dengan dicampur hay lebih banyak. Setiap 1 minggu sekali sya berikan vitamin.
    Mohon informasinya.. Saya tidak mau yang satu lagi mengalami hal yg sama..karena kalau kelinci kesayangan mati itu rasanya bener2 sakit sekali.. Sedih sekali...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kelinci nya umur berapa bln...
      klo lihat dari pakan + kebersihan kandang sih dah OK, pling tambahin aja daun pepaya atau daun pisang. Sebagai pencegahan.
      trus klo kondisi memungkin kan kelinci nya diumbar dulu dihalaman

      Delete
    2. oya, u/ minum nya apaha dah disedia in

      Delete
  74. Gan kelinci saya masih kecil, dia kena mencret, mencret nya berair tapi kalo disuruh makan gamau, terus kerjaan nya diem aja dikandang, kaki nya kotor bangat basah gitu, itu gimana ya cara nya biar dia sembuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kelinci nya baru beli, apa anakan sendiri..
      klo dah ga mau makan harus buru2 dikasih obat,..
      bisa pake rebungk salah satu nya

      Delete
  75. Om..ini ane punya kelinci himalayan, usia kira2 2.5 bulan, semalem mencret,, nah ini saya coba kasih daun pepaya gak dimakan, tapi kalau ane deketin kayak e minta makan mulu, gimana min enaknya ?mohon pencerahannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. di simpen aja tar juga dimakan, tapi mungkin cuman dikit.

      Delete
  76. Permisi Mas, kelinciku lagi kembung dan mencret nih.. Semalam sy sdah berikan diapet, tp sy liat pagi ini masih dlm keadaan mencret. APakah perlu d berikan diapet lagi ?? dan Apakah kelinci sy bisa di bersihkan sedikit2 pakai air hangat ? soalnya bulu2nya lumayan kotor krna kena kotorannya. Trima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo pake diapet sy lum pernah coba.
      tp klo masih menret dikasih lagi aja.
      pakan nya dikasih apa ya..
      dibersihin sih boleh aja...

      Delete
  77. Min saya baru beli kelinci pada siang tapi sorenya tiba" mencret kenapa ya lalu obatnya apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. bnyak faktor, bisa dari faktor umur kelinci itu sendiri, ato pengaruh daari perjalanan, dari pakan dll
      mungkin artikel ini bisa membantu kelinci mati mendadak

      Delete
  78. Kelinci saya babnye lendir putih kenapa ya kasian liatnya 😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan kembung, buru2 kasih obat kembung aja..
      klo masih mau makan kasih daun pepaya/pisang

      Delete
  79. Min.. Kelinci ane diperkirakan baru sebualan umurnya, kena mencet lemes tiduran aja, udah dikasi diapet, solusinya apa min?? Tolong ya min.. Thank you...

    ReplyDelete
    Replies
    1. btw kelinci 1 bulan, itu anakan sendri apa baru beli.
      klo pake diapet terus terang sy lum pernah coba, coba kasih Rebung K.
      btw pakan nya dikasih apa?
      kangkung bukan?

      Delete
  80. Misi min..kelinciku diare parah udah 3hari makin lama mskin parahh encer seperti air..ndak mau makan..udah sy kasih tolak angin,daun pisang dan daun pepaya seperti di artikel di atas..tp masih blm sembuh..gmn ya min lma" ga tega??mohon infonya..trimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah coba dikasih obat yg husus buat kelinci belum sis..

      Delete
  81. Minin bagi info dong.. klau mkanan klinci yg berbau" syuran itu kan harus d'layuin.. nah itu hrus brpa jam sblum d'ksih'in k'klinci ya min.. trus itu daun pepaya klau lgi kmbung langsung d'ksih'in atau d'layukan juga ya min.. bagi infonya y min.. mksi

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikira2 aja.. ga dilayuin juga ga masalah sih, cuman biasa nya kan sayuran di simpan di lemari es tuh nah kondisi yang dingin gini yang ga boleh...

      daun pepaya sih bebas yang penting ga ada getah nya dan kondisi bersih, kalo sy sih biasa nya di cuci trus disimpan dlu sehari

      Delete
  82. tolong dong min semalem kelinci saya sehat2 aja tp saya ksh wortel sm kangkung krna stok nya hbs .pas pagi saya ajak keluar dr kandangnya dia bab tp biasa aja terus ga lama dia bab dan makin sini makin mencret . saya udh kasih selada sm sosin dia gamau makan . sy udh ksh tolak angin sm madu tp msh blm mau makan . tolongin kelinci saya :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar pengaruh kangkung...
      buran dikasih obat kya rebungK dan sejenis nya..

      Delete
  83. Min kelinci sy umur 5-6nulanan udah, sblmnya gapernah sakit dan skrg kykny kembung dan diare udh parah dia gemeteran, trs bnr2 gamau makan apapun, td udah cb dikasi obat kembung dicekokin pake alat suntik itu, tp smpe skrg jg masih ga ad perubahan, bingung�� dia jalan aja kyk ga sanggup itu, gemeter parah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga mau makan nya dah brapa hari.
      pengobatan dah berapa lama...

      klo dah parah terus telat pengobatan, mohon maaf bukan mau nakut2 in tp siap2 aja pasrah...

      Delete
  84. Gan, mau tanya? Sore td kelinci saya mencret. Aku kasih daun pisang (tp dia ngga mau makan). Terus, aku udah kasih obat tolak angin. tapi masih mencret walAu tidak sebanyak sore td. Gan, minta solusinya ap yg harus saya lakukan biar kelinci saya cepat membaik. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kaya nya itu udah progres, terus aja kasih..
      klo ada sih kasih rebung K

      Delete
  85. Apa boleh kelinci yg baru sembuh dari diare diberi tomat? Kelinci saya suka tomat dan sekarang dia maunya makan tomat padahal baru sembuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, tp sy sendiri lum pernah coba.
      saran sy sih klo mau dikasih sedikit dan kali-kali aja

      Delete
  86. gan kalo mau kasih daun pepaya harus di layuin dlu ya sama matahari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga harus gan, klo mau di layuin juga jangan langsung kena matahari di angin2 aja

      Delete
  87. Mau nanya kalo kelinci nya belum bab, tapi untuk makan nya wortel banyak sekali, gerak nya loncat sana sini, itu masih normal apa gak yaa ? Trs untuk gak bab nya itu gimana mengatasi nya ? Mohon jawab yaa terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo dilihat dari indikasi gerak sih kaya nya ga masalah, malah bagus klo kelici loncat sana sini mah.
      klo bab sih mungkin aja bab d tempat lain yang ga ketauan,
      tp untuk pencegahan mumpung masih mau makan kasih aja daun pepaya ato bawang merah

      Delete
  88. trima kasih atas sarannya, kelinci dikasih daun pepayaa,pisang dan jambu biji efek buat obati kembung n mencret, ditambah vitamin diair minum buat nafsu makannya kembali lagi sehat rex pertama kali beli umur 2 bulanan dirumah baru seminggu beli..

    ReplyDelete
  89. Mau tanya dong . Kelinci saya jantan sudah 1 tahun lebih. Biasanya periang namun tiba2 menyediri dg tiduran melulu dan tidak mau makan. Kencingnya sedikit. Saya sudah kasih kelapa ijo dan kuning telur. Tolong kelinci saya kenapa? Saya kawatir please bantu😢 kelinci saya kenapa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry baru reply,
      udah coba di umbar..
      Pakan harian biasa dikasih apa..
      klo kelapa ijo ama kuning telur sy belum pernah denger manfaat nya buat apa.
      mending dikasih daun pepaya / bawang merah..

      Delete
  90. Min, fyi, kelinci kecil ane udh lemas terus posisinya diam ngga gerak dan tiduran. Kayaknya terserang diare

    Nah yg sudah saya lakukan, kandang saya bersihkan, diberikan oralit (disuapin le mulutnya) dan memisahkan anak kelinci yg sehat.

    Yg mau sy tanya, apakah langkah yg ane lakukan udh benar? Atau ada yg kurang?

    Atau ada alternatif lainnya?

    Thanks sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya udah...
      masih mau makan ga, coba kasih bawang merah. Klo dah ga mau makan coba di berus trus di cekokin.

      klo ada obat kembung sih buru2 kasih. klo dah lemes banget mah udah parah

      Delete
    2. Thank u min for advicenya.... Btw udh ngga ketolong, +/-30 menit kmd dr postingan awal udh ngga bernafas.... :(

      Delete
    3. ya sabar aja, dijadikan pelajaran saja...
      biar kedepan nya ga kejadian lagi

      Delete
  91. Min, mau nanya, kelinci saya mencret udah 3 hari, udah saya kasih obat rebung k selama 2 hari ini tp masih blm smbuh juga, dia juga lemes bgt n diem aj dipojokan kandangnya, pdhal waktu baru beli dia sehat2 aja n suka lari2 n main2 klo d lepasin, dia mncretnya semenjak kelinci saya yg satunya mati min, selama 3 hari dia lemes bgt n ga mau makan apa2, kmren saya kasih daun pepaya tp d makan cuma 2 gigitan aja, hari ini ga mau min, kasian udh ga makan 3 hari, pdhal udh d kasih rebung k juga tp masih mncret n lemes, saya mau ngasih wortel tp takut makin mncret, gmna ya min solusinya, kasian bgt saya liatnya��

    ReplyDelete
  92. Kelinci saya makan wortel kok mencret" ya min..seharus takaran makan untuk kelinci masih kecil berapa? Makasi

    ReplyDelete
  93. Cara ngobatin kelinci diare secara alami gimana min..kelinci nya masih kecil..maksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mmm baca nya kaya nya ga tuntas deh :)

      klo sy biasa nya di kasih daun pepaya / bawang merah + rebung K

      Delete
  94. Min tadi pagi kelinci saya mencret fasesnya cair. Semalam saya bawa pake motor dgn kondisi kandang terbuka otomatis kena angin trus smpai di rmh saya kasi mkannya wortel pelet trus kasi minum. Tau2 pagi nya mencret tapi 4 temannya gk ada masalah, cman dia sendiri dan skrg saya karantina di dalam kamar kosong. Dri pagi aku tinggalin sama daun pisang pelet sama air tpi gk ada yg dimkan tapi tadi siang aku bawain rumput di depan rmh sama daun pepaya akhirnya dia mkan biarpun dikit banget. Saya perhatiin juga dia gk bab lagi. Saya harus gimna min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah2 an masih ada kelinci nya...
      harus buru2 di kasih obat kembung gan

      Delete