Kelinci Mati Mendadak | Uraniwa Rabbit

Kelinci Mati Mendadak

Uraniwarabbit, “Kenapa kelinci mati mendadak ??” sangat mudah bagi saya menjawab pertanyaan tersebut. “Mene ketehe !? :D” hehe tidak ada yang tau pasti untuk pertanyaan tersebut walau sering sekali pertanyaan tersebut muncul terutama bagi para pemula. “Trus kenapa nulis artikel tentang kelinci mati mendadak ???” kelinci mati mendadak banyak faktor penyebabnya nah faktor mana yang hinggap ke si kelinci kita itu yang tidak bisa di pastikan, hanya bisa di kira-kira, faktor yang paling memungkinkan.

Berdasarkan teori dan pengalaman saya ada beberapa faktor utama penyebab kematian mendadak yaitu :
Kelinci mati mendadak


Faktor Bibit
Mohon maaf, kebanyakan pedagang kelinci –tentu nya tidak semua pedangang kelinci – yang menjual anakan kelinci dibawah umur 1bulan dan di bilang kelinci tsb umur 2-3 bulan. Selain alasan keuntungan anakan di bawah umur 1 bulan ini sangat lucu dan menarik para penggermar kelinci. Anakan / bibit kelinci ini membutuhkan sekurang-kurang nya 60 hari asupan ASI dari induknya. Walau pun hari ke 25an sudah mulai makan seperti kelinci pada umum nya tapi sistem pencernaan mereka belum lah sekuat kelinci dewasa.


Apa yang terjadi jika kelinci di bawah 1 bulan sudah dipisahkan dari induknya?? sebelum menjawab pertenyaan tersebut coba bayangkan islustrasi berikut : dari peternakan ke pengepul / pedagan tentu memakan satu perjalanan kan, dari pedagan ke penghobi juga memakan perjalanan juga kan nah dengan sistem pencernaan yang kurang bagus, dan kondisi kelinci yang tiba-tiba berpisah dengan induk dan melakukan perjalanan juga, tingkat stres sangat tinggi, kelinci sangat sensitif. dan mudah terkejut. dengan tingkat stres yang tinggi akan menyebabkan jantung yang memompa telrlalu kencang dan dia tidak memiliki jumlah oksigen yang cukup mengakibatkan dia mati ketakutan dan otak kehilangan oksigen dengan keadaan ini kematian mendadak sangat besar terjadi.

Faktor Habit / Kebiasaan
Karena kebanyakan orang mengetahui paradigma kelinci yang salah maka banyak kebiasaan-kebiasaan perlakuan terhadak kelinci yang salah juga, akibat nya kematian mendadak terhadap kelinci tersebut.

Apa saja sih paradigma yang salah itu?? paradigma yang salah yang umum yaitu : tidak di beri air minum, pakan yang salah, teknik menggendong kelinci yang salah.

Oya, ada mitos entah benar atau tidak tapi ini suka terjadi. Jika kita marah-marah terhadap kelinci atau memaki-maki atau sejenisnya kelinci akan cepat mati.

Faktor Pakan
Pakan merupakan unsur utama bagi seluruh mahluk hidup agar dapat terus bertahan hidup. Pakan utama kelinci secara garis besar dibagi tiga, yaitu : Sayuran. Rumput dan konsetrat (pelet kelinci). Kesalahan pemberian pakan dan ditunjang dengan tiga faktor lain kemungkinan terjadinya kematian mendadak sangatlah besar, walau pun sebelumnya terlihat seperti sehat-sehat saja.

Salah satu contoh pemberian pakan yang salah dan sering terjadi yaitu pemberian kangkung, kangkung merupakan sayuran yang mengandung banyak gas, dan akan menyebabkan kelinci kembung , mencret dan mati.

Faktor Kandang dan Lingkungan
Kandang merupakan rumah bagi kelinci, tempat benaung dan berlindung diterpaan ganasnya alam fana ini – ah lebay ... – , dengan kandang dan lingkungan yang baik akan berdampak baik juga buat kelinci kesayangan kita.

“penjelasan cuma gitu doang ?!! kandang yang baik tuh kaya gimana sih??” kandang yang baik adalah euhh.. baca di sini aja ya :D


Tips :
Sebelum membeli kelinci baca lah terlebih dahulu artikel-artikel dan tips-tips memelihara kelinci.
Jika membeli kelinci lebih baik membeli langsung dari peternakannya langsung, jika terpaksa beli di pedagan pinggir jalan/ di pasar-pasar minggu belilah kelinci yang besar.– tips ini hanya untuk mengurangi resiko mati mendadak bukan untuk menghilangkan resiko mati mendadak karena terkait dengan faktor-faktor lainnya –

This entry was posted in , . Bookmark the permalink.

44 Responses to Kelinci Mati Mendadak

  1. mau tanya gan
    bayi kelinci q umurnya 23 hri, trus induknya g mau nyusui, mkannya bnyak bget, q ksih mkn daun wortel plus wortelnya sama daun ubi, bgus g ya
    cs byi kelinci q yg plg bontot dri bayi pai sekarang mencret
    hari ni parah bget pai bsah smua
    gmna cara mengatasinya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. tau nya ga nyusuin gimana?
      kelinci biasanya nyusuin itu malem menjelang pagi..
      1 hari cukup 1-2 kali dan itu pun tidak lama pling beberapa menit.

      wortel ama daun nya bagus daun ubi juga ga pa2 tpi jangan terlalu sering.
      klo kelinci nya masih mau makan kasih daun pepaya aja
      yang kotor nya dibersihin pake air anget ato potong aja bulu2 kotornya
      semoga membantu

      Delete
  2. Terima kasih artikelnya sangat membantu
    Kelinci saya barusan mati. Baru beli dri pedagangnya. Dia ngakunya umur kelinci udh 2 bulan. Tapi kecil banget. Saya yakin skrg umurnya baru 1 bulanan... sedih banget. Tahan dirumah cuma 4 hari aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kunjungannya, alahmadulilah klo bermanfaat.
      turut sedih, tp jangan patah semangat coba lagi, ambil hikmah nya aja..

      Delete
  3. Blog ini luar biasa tidak nyaman di bacanya, sebentar-sebentar reload. Apa mungkin kebanyakan iklan ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih, masukannnya bisa jadi buat pertimbangan dan perbaikan blog ini..

      Delete
  4. Kelinciku juga mati tadi sore pas saya lagi kuliah tiba2 dikabarin kalo kelincinya sudah ada diluar kandang dan dihalaman rumah dgn badan yg kaku. Itu knp ya?:( padahal makanannya juga pelet dan wortel sama minumannya air mineral, kandang pun juga setiap saat dibersihkan karna kencing kelinci menyengat baunya jadi ga betah kalo dia udah pipis. Tapi knapa bisa mati tiba-tiba ya?:(((;

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo di tanya kenapa nya sy juga ga tau :)
      tpi bisa dikira2 aja...
      klo makanan dan kebersiahan coba perhatikan apa ada yang membuat stres kelinci, atau apakah ahir2 kelinci nafsumakan nya menurun atau bahkan hilang..

      Delete
  5. usia berapa kelinci boleh dikasi minum? bagaimana cara memberi minum yang benar? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. minum pastiin aja selalu tersedia. biarkan semau nya kelinci aja.
      yang terpenting tidak mudah tumpah apalagi tumpahan nya tekena badan kelinci.
      sy udah pernah post juga barang kali mau baca2 http://uraniwarabbit.blogspot.com/2013/08/air-minum-pada-kelinci.html

      Delete
  6. Satu jam lalu tiba tiba kelinci saya seperti teriak kesakitan trus kejang2 dikit trus mati.. Sedih banget.. Umurnya baru 3 bulan, emang 1 minggu terakhir saya titip ke mama saya, pas saya liat baru aja kemaren malam saya main sama dia, eh tiba tiba sekarang mati.. Padahal gak beda kasih makan apa apa:( sedih banget:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kejang2 itu pas skarat nya, sy pernah 1 kali melihat kaya gtu ga tega banget..
      jadi in aja pelajaran coba di ingat2 dalam 1 minggu terahir apa aja yang di kasih, biar kedepan nya ga kejadian lagi

      Delete
  7. Kelinciku subur banget anaknya lucu2 klo ada yg minat mau beli add aja InstaGram ku ya : donnita_82 (posisi di surabaya)thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iklan ya..
      its OK lah, laris manis ya..
      follow IG sy jg dong uraniwarabbit :D

      Delete
  8. kelinciku jg baru aja mati satu..sedih banget..padahal td sore msh lincah dan baik2 saja.. :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan sedih dijadiin pelajaran aja biar kedepan nya ga kejadian lagi..
      setiap yang piara kelinci juga pasti pernah ngalamin ko, ada yang kapok ada yang terus belajar :D

      Delete
  9. Mau share gan, Apa kelinci musuh tikus dan bisa membuat kelinci takut dan mati....Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara langsung sih ngga, setau sy tikus itu hanya mencari makan, klo kelinci dewasa trus ada tikus masuk kandang cuman buat ambil pakan kelincinya tidak serta merta langsung takut lalu mati. tp beda kasus kalo kelinci sedang beranak mungkin karena bau nya si tikus suka nyerang kelinci anakan nya itu. tp kita kan ga tau niat si tikus, jd lebih baik menghidari nya saja. semoga membantu

      Delete
  10. Kelinciku baru aja mati kemaren
    :( , apa kalo pola makannya gk teratur bisa bikin kelinci mati ya? Sama kenapa kelinci kadang2 duduk dengan posisi kaki yang gak dilipat, jadi diselonjorin gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi, tp kemungkinan nya kecil. lebih besar kemungkinan nya dari apa pakan nya.
      klo selonjoran mah itu istirahat. biasa nya siang2 lebih sering selonjoran dari pada malam, kareana kelinci pada dasar nya lebih aktif pada malam hari.

      Delete
  11. Baru kmrn beli kelinci 2 ekor. Sehat semua. Sampai jam 11 mlm sy liat msh aktif dikandangnya. Eh tadi pg yg 1 meninggal, yg 1 lg lemes kakinya susah tekuk. Cuma kmrn mmg sempat makanin tanaman rambat di pagar . Apa gara2 itu? Atau kedinginan bisa ga? Mohon bantu jawab ya tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum nya agan beli kelinci nya dimana dan umur berapa.
      tanaman rabat nya apa ya gan, bisa jd karna itu tpi kemungkinan nya kecil, kedinginan juga bisa klo kena angin kencang secara langsung dan terus menerus.
      Biasa nya klo beli nya di pasar minggu atau pinggir jalan gtu maaf bukan nya suuzon, tpi sering nya mereka jual kelinci yang belum lepas sapih.
      dah sy bahas juga mengenai itu di artikel nya

      Delete
  12. Pagi td kelinciku mati 1 pdhl baru 3 hari yg lalu beli sepasang
    Apa bener kata penjualnya kelinci ga boleh dikasih minum biar g mati? Kalo boleh intensitas pemberiannya gimana?
    trus kalo mau mandiin kelinci gimana caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. onta aja yang idup digurun butuh minum bos...
      kelinci juga butuh minum. jd harus dikasih minum.
      minum nya kasih aja sepuas nya alia jangan sampe kosong.

      cara mandiin kelinci
      http://uraniwarabbit.blogspot.com/2014/04/cara-mandikan-kelinci.html

      Delete
  13. Kelinciku umur 4 bln baru aja mati tiba tiba td siang..terakhir kukasih kangkung..mmg 3 hari ini ku kasih mkn kangkung trus, kadang2 wortel, pelet jg..mungkin kembung ya..nyesel jg ngasih kangkung..padahal kelinci satu satunya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan besar seperti itu.
      kangkung emang doyan banget kelinci nya tp efek nya ga bagus.
      walau ga semua kelinci rentan terhadap kangkung, tapi sebagian besar pada ga kuat

      Delete
  14. Kelinciku lagi mencret... mau dikasih daun pepaya gamau buka mulut ... terus pas saya mau kasih susu juga tidak mau buka mulut ... Jadi saya harus bagaimana ??? Kelincinya tidak mau makan apa2 walau sudah dipaksa

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo mencret udah ga mau makan harus dikasih obat cair bisa rebungK, permethyl, biobig dll agar bisa dicekokin langsung.
      klo telat penanganan nya bisa keburu mati kelinci nya

      Delete
  15. Misi gan saya mau nanya, kelinci ane klo pagi2 ngamuk2 sendiri, kandangnya di acak2 sama dia. Itu kenapa ya gan? Ada yg tau? Makasih sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah pernah coba di umbar ga?
      trus klo di umbar gali-gali tanah gitu ga?
      klo iya kemungkinan lg hamil

      Delete
  16. Kelinci ku barusan jam 7 pagi mati.. Sedih banget, terakhir banget dia pipis sambil udah ga berdaya.. Kak ak mau tanya, waktu mati harus dikubur atau gimana ya? Soalnya bingung ini perumahan semen semua huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah2an ga kapok pelihara kelinci & ada pelajaran yang bisa diambil...

      klo harus sih ngga ya, tp baiknya di kubur aja...

      Delete
  17. Kemarin kelinciku satu mati, apakah ada pengaruh terhadap kelinciku yang satu lagi, mereka satu kandang, sekarang tinggal satu, nyebabin stres ga ditinggal Yemen sekandang gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan besar sih ngga...
      yang perlu diperhatikan kebersihan kandang nya aja...

      Delete
  18. Aku punya 2 kelinci kecil..baru 1 mnggu aku beli..
    Aku biasa ksh mkn nya sawi hijau,kangkung & wortel..
    Siang di kasih ortu daun belimbing wuluh..sore hari masih lincah..
    Tapi saat mau sahur..aku dengar kelinci salah satu nya itu seperti jerit2 tarus mati di tangan aku..sedih n gak tega..
    Apa pengaruh dr daun belimbing itu gak?
    Tapi yg satu ekor nya gak apa2

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo daun belimbing nya sy ga yakin, tp kaya nya gara2 kangkung nya...
      coba baca ini deh
      http://uraniwarabbit.blogspot.co.id/2013/06/penyakit-kembung-mencret-pada-kelinci.html?showComment=1495765947390#c7844858665546286686

      Delete
  19. Kelinci sy mati tadi sore ��. Sepertinya umurnya baru sebulan. Jadi dia blm kuat fisiknya. Dia terjatuh sekitar 3 meter dan akhirnya mati di tangan sy. Ya allah sedihnya.. Aku ga nyangka secepat ini dia pergi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabar om, mudah2an jd pelajaran biar kedepan nya ga kejadian lagi

      Delete
  20. Kelinci saya sudah 2 hari ini tiap malam teriak - teriak, biasanya kalo pagi kelinci dikeluarin dari kandang tapi beberapa hari ini kelinci d kandang terus, tadi pagi baru dikeluarin anteng, begitu masuk kandang, gak lama teriak2 lagi. Malemny kelinci teriak2 dan pas di tengokin dy guling2 gitu. Itu kenapa ya? Sakit atau stress kesepian atau knp ya? Kalo nafsu makan dan minumnya masih bagus seperti biasa saja. Saya beri makan pelet, rumput, wortel, sawi yg layu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balas, setau sy klo teriak2 gitu ada sakit, ato ketakutan. coba cek kondisi kandang sapa tau ada yg bikin ga nyaman, kaya tikus, semut ato lain nya...

      Delete
  21. Kelinci saya baru mati tadi subuh,ngak tau penyebabnya apa ? Tiba2 bangun lihat udah mati,,,padahal malamnya sebelum tidur, kelincinya masih hidup,😭😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak faktor yang menyebabkan kelinci, di ambil hikmah nya aja biar kedepan nya tidak terjadi lagi

      Delete
  22. Selamat pagi.. kelinci saya baru saja mati. Awalnya dia mencret lalu saya kasih air dengan antangin sedikit. Karena belum ada tempat airnya saya memberinya dengan sendok.. awalnya dia minum dengan cara menjilatnya, tapi tdk berapa lama seperti tersedak lalu mati. Apakah saya salah memberinya minum? Saya memberinya makan wortel kangkung dan sawi. Apakah makanannya salah? Mohon bantuannya karena saya masih punya satu kelinci lagi agar tidak salah penangannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi, yang salah kemungkinan di pakan deh, kangkung itu makanan yg paling di sukai kelinci tp paling berbahaya bagi kelinci.

      sy pernah tulis juga ttg makanan yg baik buat kelinci,..

      klo mau sharing ttg kelinci bisa ke wa sy juga
      0856.2410.0734

      Delete