Air Minum Pada Kelinci | Uraniwa Rabbit

Air Minum Pada Kelinci

Air minum pada kelinci
Kelinci liar pun butuh minum
Uraniwarabbit, Dalam memelihara kelinci makanan adalah faktor yang paling utama dan seperti yang telah kita ketahui bahawa ada makan pasti ada minum juga. Tapi khusus bagi kelinci perlukah kelinci minum?? Paradigma umum tentang perlu tidak nya air minum untuk kelinci adalah kelinci tidak perlu minum adalah kelinci tidak memerlukan dan tidak perlu dikasih minum.

Tahu kah anda bahwa paradigma tersebut salah besar !! kelinci sangat membutuhkan air minum.

“Ah, tapi kata yang jual kelinci ga perlu minum,terus kelinci nya masih idup tuh..!?”

mungkin ada sebagian kecil yang berpendapat seperti demikian, para pedagang kelinci yang hanya mencari untung saja akan berpendapat tidak usah dikasih minum karena agar kelinci cepat mati lalu beli lagi – perlu diingat tidak semua pedagang begitu, mungkin juga faktor ketidak tahuan – terus mengenai kelinci bertahan hidup tanpa di kasih minum biasanya pakan yang diberikan sayuran atau rumput. Dalam sayuran atau rumput itu terkandung air dalam jumlahnya kecil.

Kelinci butuh air minum, kenapa ?? Untuk kelinci yang sehat memerlukan asupan gizi yang baik yang didapat dari pakan yang kita berikan, tidak cukup hanya sayuran atau rumput, perlu asupan serat kasar seperti pelet dan hay (rumput kering). Walau pun ada sebagian kecil peternak/ penghobi kelinci yang memelihara tanpa air minum dan bertahan hidup kesehatannya pasti akan dibawah kelinci yang di beri minum. Kenapa bisa demikian, kelinci adalah hewan yang berusus tunggal jadi apa yang mereka makan tidak akan bisa di muntahkan lagi, jika asupan / pakan yang kita berikan kurang bagus/ berserat kasar maka pencernaan nya akan kurang sempurna, dengan di kasih air minum maka akan sangat membantu pencernaan kelinci sehingga, kemungkinan terkena penyakit yang di sebabkan oleh pencernaan akan terminimalisir.

Air minum pada kelinci
Minum Dot Kelinci

Kebutuhan air kelinci :
Induk kelinci yang hamil muda sedikitnya 0,27 liter/hari
Induk bunting tua sedikitnya 0,57 liter/hari
Induk menyusui dengan usia anak 6 minggu sedikitnya 2,3 liter/hari
Induk menyusui dengan usia anak 8 minggu sedikitnya 4,5 liter/hari

Bagaimana cara kasih minum kelinci yang baik?? berdasarkan pengalaman ada tiga cara yang umum diberikan, pake mangkok air, pake dot kelinci dan pake nipledrinker. Jika pake mangkok air akan lebih murah dari segi biaya karena bisa memakai mangkok apa aja asal bisa nampung air, tapi kelemahannya air akan cepat kotor dan sering tumpah sehingga akan memungkinkan kandang basah dan menyebabkan penyakit scabies. Jika skala menengah kebawah saya sarankan memakai dot kelinci lebih aman walau pun harga nya sedikit lebih mahal dari mangkok. Sedangkan untuk skala besar mending pake niple drinker, hampir sama seperti dot kelinci tapi dalam perawatannya lebih mudah dan lebih cepat.


Semoga bermanfaat

This entry was posted in , , . Bookmark the permalink.

Leave a reply