Penyakit Scabies dan Cara Pengobatan


Uraniwa rabbit. Bagi para penghobi pets khusus nya kelinci pasti tidak asing jika kelinci terserang penyakit. Salah satu penyakit yang sering hinggap pada kelinci kesayangan adalah scabies. Scabies di kenal juga penyakit budukan, gundik, kutu, kudis borokan dll. Apapun nanamanya scabies adalah suatu penyakit pada lapisan kulit luar yang disebabkan oleh kutu (Sarcoptes Scabies) berukuran antara 0,3-0,4 mm. Kutu ini hidup pada permukaan kulit dan dapat membuat terowongan yang saling berhubungan di sini kutu Scabies ini bertelur dan mengeluarkan kotoran yang menyebabkan timbulnya reaksi alergi dan rasa gatal yang luar biasa.

Kutu Scabies

Kutu Scabies
Kutu Scabies

Penyakit scabies ini termasuk penyakit yang sering dialami penghobi kelinci dan termasuk penyakit yang bisa mematikan, untuk menghindari terkena scabies bersihkan kandang dari kotoran padat atau pun cair yang menumpuk setiap hari atau setidak-tidaknya tiga hari sekali. hindari penyimpanan kandang pada tempat yang lembab. buang sisa makanan seperti rumpum dan sayuran yang tidak di makan. lakukan grooming pada kelinci setidak nya sebulan sekali. bagai mana jika terlanjur kena scabies?? tidak usah panik pengobatan penyakit scabies ini termasuk mudah yang pentik kita secepat mungkin mengambil tindakan.

Ada beberapa cara pengobatan untuk scabies ini antara lain :

Pengobatan scabies dengan obat tradisional, di beberapa litelatur ada yang menulis kan resep campuran alkohol dengan minyak tanah, ada juga campuran belerang dan oli. Terus terang di Uraniwa rabbit belum pernah memperaktikan resep tersebut jd bagi anda yang mau memperaktikan nya agar cara litelatur yang lebih lengkap ya :D

Pengobatan scabies dengan obat salep, untuk teknik pengobatan salep ini uraniwa rabbit belum menemukan salep khusus untuk scabies. Yang penting salep untuk gatal-gatal dan mengandung belerang. Uraniwa rabbit sendiri pernah praktikan menggunakan salep 88 – bukan nya promosi loh ya tapi cuma share pengalaman aja – perlu di perhatikan untuk pengunaan salep, jika bagian yang terkena scabies adalah bagian yang dapat di jangkau jilatan kelinci seperti kaki lebih baik di hindari penggunaannya karena jika didijilatin oleh kelinci nya di takut kan malah jadi kenapa-kenapa si kelinci nya, kan sayang kalo malah jadi masalah baru.
Kelinci Terkena Scabies

Kelinci Terkena Scabies

Kelinci Terkena Scabies
Contoh Kelinci yang terkena Scabies

Pengobatan dengan Kepromec oral, nah ini dia teknik pengobatan yang sangat di anjurakan oleh uraniwa rabbit, kenapa?? kepromec oral ini kandungan obat nya sangat bagus untuk membasmi jamur scabies disamping itu cara pengguanaan nya sangat mudah terutama bagi para penghobi pemula dan yang tidak tega dalam hal menyuntik kelinci – termasuk saya juga ga tega klo nyuruh suntik kelinci – dan yang paling penting kepromec oral di jualdisini – promosi dikit :D –

Pengalaman teman-teman penghobi kelinci lainnya pasti ada yang tidak tertulis di sini munkin ada yang mau share pengalaman teknik pengobatan scabies moggo di persilahkan.



This entry was posted in , , . Bookmark the permalink.

Leave a reply