Kandang Kelinci Yang Baik | Uraniwa Rabbit

Kandang Kelinci Yang Baik


Uraniwa Rabbit. Kelinci adalah hewan yang menggemaskan dan lucu baik bentuk fisik nya atau pun tingkah laku nya. Banyak penghobi kelinci terutama para pemula kebingungan bagai mana sih bentuk dan ukuran kandang kelinci yang baik itu.. Mari kita bahas... :D

kandang kelinci yang baik dan SehatSebelum nya minta maaf dulu nih pada sesepuh disini tidak ada maksud menggurui, atau sok lebih tau hanya berusaha berbagi untuk para penghobi kelinci. Jika ada kekeliruan dan tulisan yang kurang mohon pencerahannya.

Ada beberapa hal yang harus dirhatikan dalam membuat/memilih kandang untuk kelinci kesayangan kita, antara lain ukuran kandang, bahan kandang, model kandang dan penempatan kandang itu sendiri.

Ukuran Kandang
Pada dasarnya tidak ada aturan baku untuk ukuran kandang ini. Untuk ukuran kandang disesuai kan dengan besar dan jenis kelinci yang akan menghuninya. Untuk patokan kelinci harus bisa selonjoran ke segala arah, memungkinkan juga jika kelinci berdiri sewaktu-waktu. Jadi setip jenis kandang kelinci bisa saja berbeda ukurannya.
Ukuran yang umum untuk kelinci jenis besar seperti famish giant (FG) 90 x 70 x 60, yang umum untuk kelinci jenis sedang seperti REX, FL, EA, Dutch dll 60 x 40 x 40 sedang kan untuk jenis kecil seperti ND 40 x 40 x 40. sekarang tiggal tentukan termasuk jenis apa kelinci kesayangan anda lalu sesuai kan keadaan lahan dan ukuran kandang nya.
Lebih besar ukuran kandang lebih baik juga untuk kelinci karena akan membuat si kelinci lebih leluasa untuk bergerak.

Bahan Kandang
Bahan kandang bisa terbuat dari apa saja seperti kayu, bambu, kawat ram, besi, galvanis, kawat dan lain-lain. Yang perlu di perhatikan dari bahan kandang ini adalah kekuatan bahan itu sendiri. Apakah tahan gigitan kelinci itu sendiri, kucing, tikus dll. Secara umum pembuatan kandang itu paduan dari kayu, bambu, dan kawat ram.

Khusus untuk alas kandang disarankan mengunakan bambu karena selain tahan urine nya, baik juga untuk kaki kelinci. Jika alas dari kawat maka sebaiknya di kasih alas yang rata untuk pijakannya seperti papan atau bahan rata lain nya.

Model Kandang
kandang kelinci yang baik dan Sehatkandang kelinci yang baik dan Sehat
Untuk model kandang bisa disesuaikan dengan kreatifitas anda, luas lahan, dan tujuan pemeliharaan kelinci itu sendiri. Hal yang harus di perhatikan dari model kandang ini antara lain, ventilasi udara, pembuangan urine dan kotoran kelinci, tempat pakan dan minum kelinci itu harus tersusun rapi sehingga kelinci merasa nyaman berada di kandang.

Jika hanya kesenangan silah kan anda bangun kandang sesuka hati anda tapi jangan lupa dengan faktor-faktor yang harus di perhatikan seperti yang sedang kita bahas :D

Jika untuk beternak bisa mengunakan kandang sistem batrai yaitu kotak-kotak kandang yang disusun berderet dan bertumpuk tentu dengan memperhatikan faktor kenyamanan seperti yang telah disebut kan di atas. Seandainya lahan memungkinkan sebaik nya kandang di buat dengan peruntukan yang di khususkan. Untuk kandang indukan betina di beri kandang yang lebih luas. Untuk kandang indukan jantan diberi ukuran standar. Untuk kelinci sakit di buat kan juga kandang karantina. Untuk anakan kelinci lepas sapih juga di buat kan kandang terpisah dengan spesifikasi lebih luas (kandang umbar). Sehingga kita akan lebih mudah dalam mengaturnya.

Contoh model-model kandang bisa di lihat di gallery

Penempatan Kandang
kandang kelinci yang baik dan Sehat
Beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam penempatan kandang antara lain :
  • Kandang di simpan di tempat yang kering, tidak lembab dan jauh dari solokan atau tempat sampah atau tempat-tempat yang menimbukan bau menyengat lainnya.
  • Disimpat ditempat yang datar, jika berada di lahan yang kontur tanah nya miring maka kaki kandang dibuat lebih panjang sebelah sehingga keadaan kandang tetap datar.
  • Diusahakan kandang tersinari sinar matahari pagi atau sore, dan hindari sinar matahari siang secara langsung.
  • Posisi kandang diusahakan tidak terlalu jaun dengan rumah, ini dimaksudkan agar pembersihan dan pengontrolan kandang lebih mudah dilakukan.
Semoga artikel sederhana ini bisa membatu dan bermanfaat terutama untuk para penghobi kelinci yang masih pemula. Jika ada tulisan yang kurang dan ada yang bekenan untuk menambahkan nya dengan senang hati menerimanya, o ya kalo mau copas tolong cantumin link asalnya ya :D

    This entry was posted in , . Bookmark the permalink.

    4 Responses to Kandang Kelinci Yang Baik

    1. Pak, mohon izin mau ngutip ya... terima kasih

      ReplyDelete
      Replies
      1. Monngo..
        mohon link nya di cantumkan ya :D
        salam

        Delete
    2. baiknya kandang satu satu di sekat atau di gabung kalau kelncinya du aekor

      ReplyDelete
      Replies
      1. baik nya disekat aja 1 ekor kelinci / skat

        Delete