Tip Membeli Kelinci | Uraniwa Rabbit

Tip Membeli Kelinci

Uraniwarabbit, tips membeli kelinci. Mau pelihara kelinci ?? atau pernah pelihara kelinci tapi sebentar sebentar mati ?? mau beli kelinci tapi pengen panjang umur !? Nah saya punya tips nya tapi mohon maaf nih sebelum nya bukan masksud mengurui tapi berbagi pengalaman aja :D mudah-mudahan bisa bermanfaat.
 
Sebelum membeli kelici harus dipahami dulu bahwa kelinci bukan hewan murah apa lagi murahan, kenapa ?? InsyaAlloh kalo baca nya ampe abis nanti tau kenapa kelinci bukan hewan murah :D

Sebelum membeli kelinci sangat-sangat disarankan membeca banyak referensi mengenai kelinci, baik melalui internet, buku atau ngobrol langsung dengan peternak.

kan referensi tentang kelinci itu banyak sekali, yang paling penting di ketahui apa dulu ?”


yang paling penting itu mengetahui makanan kelinci yang baik , cara memelihara kelinci dan kandangkelinci yang baik lebih baik lagi dengan jenis-jenis kelinci.

Ok, saya dah baca-baca referensi nya nih.. dah siap beli kelinci, mana tips nya”

hehe ok - ok tips yang pertama. Kan dah baca tentang jenis-jenis kelinci tuh tinggal tentuin deh mau jeinis apa kelinci yang akan dipelihara dan juga buget nya :D ini penting karena dengan menentukan jenis kelinci tentu akan tau juga persiapan-persiapan dan perlengkapan yang akan diperlukan kedepannya nanti.

Tips yang kedua, sebisa mungkin membeli ditempat yang bisa dipercaya, mohon maaf nih sebagian besar penjual kelinci di pinggingir jalan / petshop tidak jujur mengenai umur dan pakan kelinci. Hal ini mungkin karena ketidak tahuan atau sengaja ya saya juga ga tau.. dengan membaca banyak referensi hal ni sedikit nya bisa teratasi.

Tips ketiga, Jika baru pertama kali memelihar kelinci usahakan membeli kelinci diatas 3 bulan. Pencernaan kelinci di bawah 1,5 bulan itu sangat rentan dan masih masa menyusui, salah sedikit aja bisa menyebabkan sakit. Sedangkan 1,5- 2 bulan kelinci mulai belajar penyapihan dan pencernaan nya sudah mulai bagus. Jika pernah pelihara bisa membeli kelinci berusia 2 bulan. “Bagai mana cara tau umur kelinci nya ?? “ nah ini dia fungsi dari membeli kelinci dari tempat yang terpercaya :D

Tips keempat, sebelum membeli kelinci usahakan siapkan dulu segala keperluan nya dari mualai tempat pakan, botol minum, kandan dll. “ wih beli ini itu nya kan mahal..?” nah itu dia kenapa kelinci disebut bukan hewan murah :D
kalau beli kelinci nya bareng sama beli perlengkapan nya gimana ?” ya ga apa-apa yang penting pas kelinci datang ke rumah kita dia juga dah punya rumah dan perabotan nya.

Tips kelima, Pilih kelinci yang sehat. Bagai mana mengetahui kelinci sehat, ada banyak ciri- ciri nya tapi yang pling menunjol yaitu tingkah laku nya linch, hidung nya kering dan bulu bagian anus itu bersih – kalau dah sering lihat pasti tau mana kotor karena kandang mana kotor karena sakit (menret) –

Tips yang terahir adalah LOVE YOUR RABBIT, hehe semoga bermanfaat ya

This entry was posted in , , , . Bookmark the permalink.

14 Responses to Tip Membeli Kelinci

  1. Gan... kelinciku nggak mau makan dr semalem. Hidungnya kayak basah gitu. Samoe moncongnya kelihatan. Bulu dsekitar moncong lengket ke pipi. Kalo tidur kadang kedengeran suara kyk lagi mengerat gitu.
    Minum sih masih oke. Makannya saja yang nggak mau sama sekali. Kalau disuapin mau sedikit sedikit.
    Mohion bantuannya, gimana cara ngobatinnya.
    Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo hidung nya basah kemungkinan flu,
      klo kelihatan moncong tapi kering kemungkinan scabies, pakan nya dikasih apa?

      Delete
    2. maaf, komennya kehapus salah pencet.. tpi sy udah baca

      Klo fases hitam kecil saling menempel itu mah normal..
      sy lupa istilah nya tp itu bagus.
      coba pakan nya dikasih rumput klo ada di kasih vitamin.

      Oya kelinci nya usia berapa bulan dan dah berapa lama dipeliharanya

      Delete
  2. Makannya pellet hatori, timothy hay dan wortel.
    2 hari lalu rutin konsumsi madu, krn ada feses kecil keras.
    Abis minum madu kemrin feses sempet bagus normal.
    Eh mulai tadi pagi nggk mau makan, feses hitam kecil lembek, menggumpal / saling nempel. Itupun dikit banget.
    Makan dari pagi cuma wortel sama sedikit madu buat staminanya dia.
    Hidung udah kering sekarang nggk ktk tadi.
    Tidur masih kedengeran giginya kayak lagi mengerat. Sedih liatnya. Tolong ya gan uraniwa harus gimana ini... makasih.

    ReplyDelete
  3. Salam kenal, sy sering mengunjungi blog ini.
    Sy hampir 1thn memelihara kelinci, skrg punya kelinci anakan yg usianya sudah 3bln. Dan ternyata giginya mengalami kelainan, yaitu gigi bawah lebih maju dr gigi atasnya, dan panjangnya hampir menyentuh hidungnya. Sy kasihan melihatnya, walaupun kondisi makannya msh baik dan badannya msh gemuk. Sy berencana membawanya ke dokter hewan, tp apakah ada yg mau menangani kasus spt ini dan hewan kelinci pula? Mohon sarannya, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga :D terimakasih kunjungan nya, semoga bermanfaat.
      oo gigi nya panjang ya, harus cepet2 dipotong tuh, klo dibiarin bisa bahaya
      saya lum pernah bahas diblog insyaalloh lain waktu. bisa diliat di youtube cara-cara nya atau di bawa ke drh. klo ga salah biaya nya sekitar 60rb an.

      Delete
    2. Sy sudah tanyakan ke dokter hewan dan dia tdk bisa tangani krn tdk punya alat bor gigi sehingga tdk sesuai prosedur. Dan kebanyakan yg lain memotongnya dg cukup sadis, yaitu pakai tang. Menurut sy jg sadis kalau pakai tang.
      Klo di sini ada yg pny info Drh.di sekitar jaksel/tangerang yg bisa menangani kasus ini mohon infonya ya. Sambil sy cari2 mgkn ada Drg.yg bersedia menangani hewan kelinci.
      Uraniea Rabbit terima kasih atas saran dan informasinya..

      Delete
    3. Sama-sama.. moga cepet sembuh bunnya nya

      Delete
  4. Slmt sore uraniwa,
    Urgent om, kelinci saya dari pagi nggk pup. Sebiji pun. KAndangnya bersih cuma ada pipisnya aja.
    Apakah dia sembelit?
    Obatnya apa ya? Kalau saya kasih jus nanas atau jus pepaya apakah bisa?

    Trus td pagi sy liat dia lg makan remahan tembok, langsung saya angkat masukin kandang. Apa karena itu.

    Minta tolong ya uraniwa, saya takut kelinci saya sakit.
    Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru baca, kemungkinan besar kembung.
      wah jus-jus an mending di hindari walau pun mau kurang bagus buat kelinci.klo masih mau makan coba ksih daun pepaya aja. kalo ada kasih rebungK juga.
      klo remah-remah tembok jelas bahaya kalo dikit dan sifat cuman ga sengaja sih kaya nya masih tahan.

      yang terpenting di kelinci itu makanan kelinci ama kebersihan kandang.
      semoga membantu

      Delete
  5. Uraniwa Rabbit, apa jual Kepromec? Bunny sy kena scabies, persediaan kepromec udh habis, mau beli ke seller terdahulu nomornya ga sy simpan.
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih, Bisa via sms/wa aja 0856 2410 0734

      Delete
  6. Uraniwa sy punya 2 pertanyaan ttg kondisi kelinci sy:
    1. Apa yg terjadi jika anak kelinci disatukan dgn sang induk dlm waktu yg lama? Krn dr artikel yg sy baca selalu anak kelinci disapih setelah umur 2 bln. Anak kelinci sy ada 4 dan sudah berumur 4 bln (sudah tdk menyusu lg kok), apa ada hal negatif terjadi bila terus disatukan? (kondisi sanitasi baik)
    2. Bulu kelinci sy ada yg ngeruwel dibagian belakang, sy pikir ganti bulu tp kok lama. Dan setelah sy cek lg ternyata ngeruwelnya tdk hanya di ujung rambut tp dr pangkalnya. Apa itu penyakit? Bila iya harus diapakan?

    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1.pada umur 3-4 bulan kelinci sudah mulai birahi, sudah mualai menandai teritorial. umur 5-6 bulan sudah bisa membuahi/dibuahi. jd klo kelinci dalam jangka waktu lama di satuin resiko berantem lebih besar(walaupun ga selalu berantem), resiko perkawinan sedarah juga lebih besar. untuk perkawinan sedarah emang pro kontra mungkin bisa di bahas lain kali. nah yang lebih beresiko jika terjadi perkawinan tapi kita tidak mengetahui nya tau-tau beranak itu yang repot resiko kematian bagi si anak sangat tinggi karna minim nya persiapan.

      2. klo cuma ngeruwel kemungkinan bukan penyakit, pada dasar nya bulu kelinci itu tumbuh terus nah bulu yang mati nya itu menempel ama bulu yang lain kena air dikit ahirnya mengumpal lama2 gumpalan nya besar, gimbal gtu.. solusinya harus sering sisiran, klo ada blower lebih bagus. klo dah parah ya harus di cukur.

      semoga membantu

      Delete