Cara Mandikan Kelinci | Uraniwa Rabbit

Cara Mandikan Kelinci

Uraniwarabbit, Cara mandikan Kelinci. Pecinta kelinci tentu sudah tau bahwa kelinci adalah hewan yang suka akan kebersihan dan pasti tau juga sikelinci sering membersihkan dirinya dengan menjilati bulu nya sendiri. Untuk area tertentu ada yang tidak bisa terjankau oleh si kelinci. Oleh sebab itu penting untuk memandikan kelinci secara berkala atau istilah keren nya di grooming.

“Lah.. Emang kelinci boleh di mandiin..?? kan kelinci ga suka basah??!!”

cara mandikan kelinci
Pada dasar nya kelinci emang ga suka basah, tapi boleh ko di mandiin, banyak manfaat nya ko... bulu kelinci lebih terawat, kelinci lebih bersih, yang terutama resiko terkena penyakit scabies jadi berkurang.

“Kelinci saya masih kecil, boleh juga di mandiin..??”

boleh boleh aja, tapi sebaik nya klo di bawah 3 bulan lebih baik jangan dimandiin dulu cukup di grooming kering.

“Apaan tuh grooming kering?? “ hehe itu istilah sy aja biar aga keren :D itu sama aja ama cuci muka cukup di lap basah, di keringin sambil disisirin.


Peralatan dan Perlengkapan Mandi Kelinci

Untuk peralatan tidak harus sama persih yang penting fungsinya, berikut alat-alat yang harus disediakan untuk mandikan kelinci :

  • Air hangat kuku
  • Dua buah ember lebar / jolang. Jika ada shower itu lebih bagus tapi harus ada air anget nya ya.
  • Perlak bayi ini untuk alas setelah mandi bisa diganti ama anduk atau lap kering bersih.
  • Anduk kering untuk mengering kan sikelinci setealah di mandikan
  • Sisir, disarankan sisir khusus hewan terutama jika kelinci berbulu lebat
  • Cotton bud, di pake untuk membersihkan kuping nya
  • Baby Oil, ini sih sifat nya optional aja ga da juga ga apa-apa
  • Bedak & sampo, untuk yang dua ini gunakan yang khusus hewan jika tidak ada bisa di ganti dengan bedak  & sampo bayi. Jangan pake sampo biasa karena terlalu keras buat bulu nya.
  • Blower atau hair dryer, alat ini wajib dan harus ada. Jika tidak ada mendig grooming kering aja.
  • Gunting

Cara memandikan bayi

Setelah alat-alat tersebut tersedia baru kita bahas cara memandikan kelinci nya..

  1. Air hangat dibagi ke dalam 2 ember yang terlah di sediakan, jangan terlalu banyak cukup seperempat badan kelinci nya saja. Posisi badan kita harus di belakang badan kelinci.
  2. Pegang kelinci lalu basuh perlahan, lalu kasih sampo sampe rata terutama bagian bagian lipatan dan daerah bawah kelinci dan bersihkan.
  3. Setelah sampo nya hilang pindahkan kedalam wadah yang satunya bersihkan sampe bener-bener bersih dah pastikan tidak ada sampo yang tetinggal.
  4. setelah bersih, tempat kan pada perlak bayi lalu keringkan dengan anduk kering. Dengan anduk ini kering nya tidak akan maksimal seengga nya tidak basah kuyup.
  5. setelah dihanduk anggap lah sudah setengah kering, baru disisirin sambil di blower agar di bulu nya kering sempurna dan mengembang. Dalam melakukan blower ini harus hati-hati pastikan kabel blower atau hair dryer tidak berada di muka / depan kelinci agar tidak digigit.
  6. Setelah kering baru dikasih bedak kesuluruh badan lalu bersihka telinganya dengan cotton bud yang telah diolesi baby oil.
  7. sisir ulang dan blower untuk membuang bedak yang tadi kita kasih tujuannya agar tidak megerak di badan kelinci nya sambil rapikan bulu kelinci yang kira-kira bisa dianggap kurang rapi dengan gunting terutama disekitar anus.
  8. semua udah selesai tpi ada yang belum di bersihkan yaitu kuku nya , bukan di cuci tapi di gunting, cara gunting kuku nya baca disini :D

Sudah selesai.. Oya dalam memandikan kelinci harus mengenali dulu karakter kelinci itu sendiri karena ada kala kelinci yang berontak saat proses-proses diatas ada pula yang setengah brontak ada yang enjoy enjoy aja. Lakukan dengan sabar ya :D

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

This entry was posted in , , , . Bookmark the permalink.

Leave a reply