Sarang Untuk Kelinci Melahirkan (Nest Box) | Uraniwa Rabbit

Sarang Untuk Kelinci Melahirkan (Nest Box)


Uraniwarabbit, Sarang untuk kelinci melahirkan (nest box). Piara kelinci terus beranak pasti senang sekali. Tapi tidak sedikit nih dari para pencinta kelinci yang gagal karena anak-anak kelinci / bridil nya pada mati. Nah kematian bridil (bayi kelinci) sebagian besar karena faktor ketidak siapan sibos dalam mempersiapkan kelahiran kelinci kesayangan nya.

So buat sibos yang sayang kelinci nya harap mengetahui kalo kelinci nya lagi butuh persiapan dan kenali ciri-ciri nya, bisa baca-baca dulu deh artikel berikut :


Ciri – ciri kelinci birahi
Cara mengawinkan kelinci
Cara mengetahui kehamilan pada kelinci
Perawatan pada kelinci hamil dan beranak

nah kalo sudah mengenali ciri-ciri nya, tinggal mempersiapkan segala sesuatu nya, yang paling utama adalah sarang untuk kelinci melahirkan atau dikenal dengan istilah nest box. Secara alamiah kelinci membuat sarang untuk melahirkan itu di dalam tanah dengan cara mengali membuat lubang.

“Bagai mana kalo kelinci nya dipelihara didalam rumah / didalam kandang??? ”
Tenang ga usah panik, ada solusi nya ko :D solusi nya adalah dengan menyediakan nest box (kotak sarang) sebagai sarang untuk kelinci melahirkan didalam kandang / indor dan kelinci akan tetap nyaman sehingga tingkat kematian bridil pun bisa berkurang.

“Bagai mana sih bentuk nest box / kotak sarang kelinci itu ??”

Walau pun nama nya nest box bentuk nya tidak melulu harus kotak tpi bisa bervairasi, yang terpenting ukuran nest box ini di sesuaikan dengan ukuran kelinci nya sendiri



Ukuran nest box

ukuran nest box disesuai kan dengan jenis kelinci. Untuk jenis kelinci mini ukuran 30 x 20 x 20 cm, untuk jenis medium seperti FL, EA, HL dll ukuran 35 x 25 x 35 cm sudah cukup. Sedangkan untuk jenis kelinci besar atau giant bisa 45 x 30 x 30 cm. Untuk ukuran ini sebenar nya tidak ada aturan baku tapi disesuaikan dengan kelinci nya sendiri, jangan terlalu sempit dan jangan terlalu luas juga. Karna kalau terlalu sempit atau luas akan berdampak pada bayi kelinci nya.




Bahan penbuatan nest box

Untuk bahan banyak sekali alternatif yang bisa digunakan sebagai sarang untuk kelinci melahirkan diantara nya kayu, plastik, almunium , tipblok dan masih banyak lagi bahan alternatif lain nya. Usahakan untuk alas nest itu ada pembuangan minimal pipis kelici mengunakan bambu adalah yang terbaik.



Tips “penyajian nest box”

Agar kelinci merasa lebih nyaman usahakan nest box masuk kandang betina sekitar 5 – 4 hari sebelum kelahiran. Sediakan bahan untuk penghangat bridil kelinci bisa mengunakan sobekan kertas, lap kering bersih tapi yang paling rekomen dikasih hay (rumput kering) selain penghangat juga sebagai persediaan makanan juga.



Promotion Time :)

Nah buat yang ga mau ribet uraniwarabbit menyediakan nest box yang sudah jadi ada 2 model, kami menyebut nya model A dan model B. Berikut penampakan nya







Mau nanya-nanya dulu?? boleh ga usah sungkan silahkan hubungi salah satu kontak berikut :

Text, WA & Telegram : 0856 2410 0734
Tele chanel : uraniwarabbitchannel
Web : uraniwarabbit.com

Nah klo kalo kamu emang ngaku rabbit lover,.. udah punya kaos nya belum ??
kalo belum coba cek deh kaos nya pecinta kelinci

This entry was posted in , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Sarang Untuk Kelinci Melahirkan (Nest Box)

  1. Mas mau tanya deh, bisa nggak ya dibuat septictank utk pembuangan kotoran kelinci? Seperti manusia begitu, jd tujuannya spy baunya ga menyebar & kotorannya langsung terbuang. Kalau bisa apa pembuatannya/komposisi septictank-nya sama dgn yg dibuat pd rumah2? Mohon pencerahannya ya, mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini sama ga ya ama yang kmaren nge WA??

      biasa aja, tp saran sy sih sistem pembuangan nya aja disaring. jd fases ama urine nya jangan sape nyatu. n sering2 di bersihin aja

      Delete