Cara mengetahui kehamilan pada kelinci | Uraniwa Rabbit

Cara mengetahui kehamilan pada kelinci

Uraniwa Rabbit, dalam memelihara kelinci bisa berkembang biak adalah suatu hal yang menyenangkan dan ada suatu kepuasan tersendiri. Tapi yang jadi masalah kurang nya pengetahuan terhadap kehamilan kelinci tersebut sehingga membuat kita kurang siap menghadapinya dan ujung-ujungnya resiko kematian anak kelinci yang terlahir sangat tinggi. Mengetahui kehamilan kelinci, dan mempersiapkan segala sesuatunya adalah cara yang paling tepat untuk menekan angka kematian anakan kelinci saat kelahiran.

Bagai mana kelinci bisa hamil ?? ya pasti dengan cara dikawin kan terlebih dahulu, ya kan... :D bagai mana cara mengawinkan kelinci yang baik ?? ya baca artikel cara mengawinkan kelinci yang baik dan benar :D. Ok, sy asumsikan telah membaca artikel cara mengawinkannya.

Cara mengetahui kehamilan kelinci
Perut kelinci terlihat membuncit karena  hamil
Pembuahan sel telur pada kelinci biasanya akan terjadi setelah 3-4 hari setelah dikawinkan dengan kehamilan 28-35 hari, tapi berdasarkan informasi dan pengalaman pribadi kebanyakn jatoh di 30 hari. Oleh karena itu pencatatan tanggal pengawinan sangat penting agar kita bisa memprediksi kapan kelinci akan beranak.

Ciri-ciri umum kelinci hamil
  • Meningkat nya nafsu makan pada induk kelinci.
  • Pada mulut akan tampak sedikit kemerah-merahan dari pada biasanya.
  • Tingkat stres meningkat ini dapat dilihat dengan sering nya mengaruk-garuk kandang.
  • Jika di umbar di halaman kan terlihat mengali tanah hingga dalam.
  • Perut akan terlihat semakin membuncit – hati-hati dengan perut buncit ini, hampir sama dengan penyakit kembung
  • Akan lebih agresif dan cenderung menjadi galak ketika didekatakn dengan kelinci lain bahkan dengan pengurusnya.
  • Jika kita kawin kan si betina tidak mau di kawin kan lagi, bisa dilihat dengan selalu menjauh ketika di kejar pejantan atau bersuara seperti menjerit atau berdiam di pojok kandang.
  • Jika usia kehamilan mendekati hari kelahiran, si induk akan mencabuti bulu nya.

Tanda-tanda diatas kadang tidak terlihat jelas tergantung kepekaan si pemilik nya juga sih :D tapi untuk para expert biasanya menggukan satu teknik meraba perutnya atau istilah keren nya di kenal dengan teknik palpasi. Untuk teknik ini InsyaAlloh di bahas di lain waktu.

Setelah mengetahui hamil / tidak nya kelinci kesayangan kita langkah selanjut nya adalah membantu menjaga agar kehamilan dan mempersiapkan segala sesuatu hal nya, bisa baca juga di “Perawatan Kelinci Hamil dan Persiapan Kelinci Beranak”.



Semoga bermanfaat.

This entry was posted in , . Bookmark the permalink.

Leave a reply