Cara Mengawinkan Kelinci Yang Baik dan Benar | Uraniwa Rabbit

Cara Mengawinkan Kelinci Yang Baik dan Benar

Uraniwarabbit, Memelihara kelinci mempunyai kesenangan tersendiri bagi para penghobi. Akan lebih menyenangkan dan ada kepuasan yang lebih jika kita berhasil memelihara kelinci tersebut samapai berkembang biak. Masih banyak yang bingung cara mengawinkan kelinci terutama bagi para pemula. Bagi yang bingung monggo dilanjut baca nya :D

Sebelum mengawinkan kelinci ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu : Umur ,Silsilah kelinci tersebut dan waktu mengawinkannya itu sendiri. Kelinci pada dasarnya umur skitar 4 bulan hormon sexual nya sudah tumbuh, tapi lebih baik untuk betina di kawin kan pada saat umur 6 bulan keatas dan untuk jantan pada umur 5 bulan keatas. Jika sudah menginjak usia tersebut lebih baik jangan dulu di kawin kan tapi dilihat dulu apakah dalah kondisi birahi atau tidak, cara mengetahui kelinci birahi atau tidak bisa dilihat disini


Kenapa silsilah harus diperhatikan ?? hal ini dimaksudkan untuk menghindari cacat bawaan pada keturunannya, untuk legih jelasnya mungkin bisa baca disini Perkawinan Sedarah Pada Kelinci - Inbreeding. Untuk waktu pengawinan nya lebih baik di udara yang cukup dingin, yaitu sekitar jam 5-8 pagi ataou jam 5-8 malam.

Setelah dua hal diatas terpenuhi langkah selanjutnya mengawinkan nya, caranya ??? nah ini dia yang akan kita bahas... :D

Ada dua cara umum yang biasa dilakukan, yaitu di dalam kandang dan di luar kandang.

Langkah pertama untuk mengawin kan dalam kandang si betina di masukan ke kandang jantan, tujuannya agar si jantan merasa lebih menguasai daerah nya, tunggu beberapa menit biasanya si jantan akan langsung ngejar betina lalu menaikinaya dan beberap saat akan jatuh terkulai. Keluarkan si betina agar kedua mempelai kelinci istirahat 10-15 menit. Masukuan lagi si betina ke kandang jantan tunggu dan liat reaksi si betina, jika reaksi sibetina masih masu di kawin biarkan saja sampai si jantai terkulai lagi lalu pisahkan dan istirahatkan lagi 10-15 menita dan satukan lagi. Jika betina nya terlihat tidak mau dikawin lagiseperti menghindar dari kejaran jantan atau berdiam di pojok atau menjerit segera pisahkan.

cara mengawinkan kelinc yang baik dan benar
Kelinci kawin di dalam kandang

Jika tempat memungkinkan kawin di luar kandang akan lebih mudah dan lebih nyaman buat kelinci. Cara nya tinggal umbar ke dua kelinci yang akan di kawinkan lalu tinggal tunggu deh si jantan kejar-kejar betina nya. Tapi ingat jantan di umbar lebih dulu, tujuannya agar si jantan lebih mengenal medan.

Setelah fase pengawinan selesai langkah selanjut nya tinggal berdoa dan menuggu apakah perkawinan berhasil atau tidak caranya bisa baca di Ciri cirikehamilan pada kelinci.


Semoga bermanfaat.




This entry was posted in , . Bookmark the permalink.

94 Responses to Cara Mengawinkan Kelinci Yang Baik dan Benar

  1. Assalamu'alaikum..
    Uraniwarabbit sy mau tanya, sy kan beli 2 kelinci (jantan&betina) yg msh anakan, perkiraan sy baru umur 1bln, karena msh kecil. Setelah 2 minggu kelinci yg betina mati krn sakit, lalu sy beli kelinci betina anakan lg supaya yg jantan ada temannya. Keduanya digabung dlm 1 kandang. Kalau diperkirakan saat ini umur jantan sekitar 3 bln dan betina 2 bulan. Pertanyaannya:
    1. Umur2 segitu belum waktunya mereka kawin kan?
    2. Kalau emg belum, apa cara sy benar dgn menggabungkannya dlm 1 kandang?
    3. Saat2 kelinci kawin itu pagi/siang/malam? Krn emg sy ga pernah melihat mereka kawin.

    Agak khawatir takut kecolongan tau2 betinanya hamil, karena yg betina nafsu makannya bnyk dan terlihat gemuk.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam..
      1. umur 3 bulan sebenar nya udah mulai birahi, dan sudah mulai mau kawin. tp belum cukup matang buat di kawin kan.

      2. Jika lebih dari 3 bulan sebaiknya dipisah saja, untuk menghindari perkawinan dini dan perkelahian.

      3. jika disatukan terus kelinci kawin tidak ada waktu / jadwal alias semaunya kelinci. tapi jika sengaja dikawinkan baiknya pagi atau malam.

      Delete
  2. Assalamu'alaikum..
    Uraniwarabbit sy mau tanya, sy punya kelinci sepasang sy membelinYa ketika januari kmren Keduanya digabung dlm 1 kandang senin s/d jumat dan sabtu, minggu dia saya aja keluar maen-maen dirumah.
    Pertanyaannya:
    1. sy perna meliat na kawin pukul 19.00 wib,?terus apa kelinci tsb apa lsg hamil?
    2. Kalau betina hamil,sebaiknya dpisahkan ato tetap bersama sama jantanny??
    Mhon infonya
    terimakasih.. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam..
      btw ini sama yang d email juga ya..:D

      1. bisa aja, klo dah cukup umur
      2. umur 3 bulan keatas bagusnya 1 kandang 1ekor, apalagi klo yang lagi hamil.

      semoga membantu

      Delete
  3. Assalamualaikum.
    Kelinci saya jantan type karpet dan yang betina lokal. Keduanya susah cukup umur. Tapi setiap si jantan mau menaiki betina selalu lari dan menjerit-jerit. Apa solusinya? Terimakasih wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaikumsalam..

      pastiin aja klo si betinanya ga da luka atau ga ada sesuatu -- kaya sahrini aja :D --

      Trus coba si kelinci nya sebelum dikawinkan didekat kan dulu agar saling mengenal dulu..

      coba kawin nya sistem umbar, klo si kelinci betina / salah satunya masih nolak, kepaksa cari indukan lain.

      Semoga membantu

      Delete
  4. Bisa tidak jika betinanya 2 ekor dalam satu kandang,dan jantannya 1 ekor dikandang berbeda?
    Dan bagaimana cara mengawinkannya secara bergilir, apakah ada jarak waktunya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo untuk tujuan pembiakan sangat tidak disarankan, karena kemungkinan berhasil membesarkan sangat kecil.
      apalagi klo kedua betina tsb hamil tinggat stres nya bertambah besar.
      lebih baik 1 induk 1 kandang. sy sudah coba bahas di kandang koloni vs kandan individu.
      klo untuk mengawinkan bergilir itu di beri jeda. pling cepet 15-20 menit. tapi bagus nya sih di kasih jeda 1-2 hari. jadi skarang dikawinin ama betina 1 besok atau lusanya ama betina 2.
      klo dalam satu waktu nantinya kedua-duanya ga maksimal.

      Delete
  5. Assalamu'alaikum uraniwa rabbit
    Saya membeli sepasang kelinci(betina&jantan) pada umur 3 bulan. Sekarang kelinci saya berumur 5 bulan. Saya masih pemula jd saya menaruh kelinci saya satu kandang. Pertanyaan nya:
    1. Saya sering lihat kelinci saya dan belom menikah. Masih kah kelinci saya menikah dan harus memisahkannya???
    2. Berapa lama saya harus memisahkan kelinci saya untuk menikah???
    Mohon infonya uraniwa rabbit, trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. banyak kemungkinan nya bisa pas kebeneran ga liat, soalnya cepet.
      bisa juga usianya lum matang.

      2. untuk berapalamanya sih ga da ukuran tertentu. yang pasti si kelinci cukup istirahat aja.

      saran sya untuk kelinci diatas 4 bulan itu di pisah kan antara jantan dan betina, jika ingin dikawinkan baiknya di tungguin cara2 nya bisa baca di artikel.

      tujuannya agar bisa memperkirakan kehamilan dan kelahiran kelinci

      Delete
  6. Selamat pagi. Saya masih pemula memelihara kelinci. Awalnya saya memelihara 2 pasang anggora. Mati semua karena mencret. Saya nggak tau penyebabnya apa. Di kota saya tidak ada toko yg menjual vitamin atw obat untuk kelinci. Secara online sy bs beli dimana. Krn skr sy memelihara 2 ekor kelinci blesteran betina.yg sdh dewasa. Satu lagi pertanyaan sy. Kelinci ini bisa dikawinanKan dgn sama jenisnya atw bs disilang. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi, salam kenal...
      yang uadah mati apa boleh buat selain bisa direla in aja dan di jadiin sebagai pelajaran berharga biar kedepan nya ga terjadi lagi :D

      klo ga ada ya secara online aja, barang kali butuh di sy juga tersedia 085624100734 -- skalian promosi :D --

      Klo untuk mata merah biasa dikenal dengan REW (Red eye White)dan bulu nya putih polos itu sebenar nya itu albino, newzeland white, kadang anggora REW, FL Rew dll.

      untuk kawin silang sebener nya ga da masalah selama kelinci nya mau, cuman hasil turunan nya jadi tidak bisa diprediksi dan merusak kemurnian ras nya sendiri.

      misal Rex kawin ama anggora hasil nya ga tau jadi apa :D
      klo anggora kawin dengan anggora REw itu sebenar nya masih masuk satu ras

      semoga membantu

      Delete
    2. assalamu'alaikum uraniwa rabbit
      kelinci saya sudah ckup umur semua, FL betina 11bln. EA jantan 5bln
      1.kenapa ya setiap saya coba kawinkan malah yang jantan nya kabur dan ga mau , yang betina nya malah lebih agresif dari yang jantan, yg jantan langsung ketakutan. penyebabnya apa ya? ada cara buat kelinci jantan lebih birahi?
      terimakaasih.

      Delete
    3. @isep
      Walaikumsallam,
      kemungkinan karena si betina lebih tua, dan si jantan masih "polos" dan belum pengalaman.
      klo bisa coba si jantan kawin kan dulu dengan kelinci yg sebaya, atau cara pendekatan nya pelan, atau coba cara kawin umbar..

      semoga membantu

      Delete
  7. Kak, mau tnya. Sya kn br beli kelinci jantan 4bln dan betina 2bln. Sblmnya sy pnya kelinci btna 4bln. Trs kelinci jantanya dimsukkn ke kandg betinanya yg 4bln. Trs klnci betinanya lgsg nindih si jntan.Kalau kyak gtu kelincinya stres gk? Trs cara rawat kelinci yg usia 2bln gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo cuma gtu kemungkinan ngga, kecuali salah satu kelinci nya berontak, ciri-ciri nya kelinci nya lari2 gtu kaya berantem apa lagi kli sampe bulu nya itu rontok-rontok, nah kemungkinan besar bisa membuat kelinci stres, moga membantu

      Delete
  8. Cara mengetahui umur kelinci itu gmn ya? Soalny sy lupa nanyain ke yg jual. Jenis kelinciku kelinci mini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung, klo sebagai peternak untuk mengetahui cara nya ya di catat kapan lahiran nya.
      klo sebagai penghobi/membeli dari peternak tanya ama yang jual nya :D
      hehe secara pasti untuk nebak umur itu ga da ciri khusus pling bisa kira2 doang tingkat akurasinya kecil banget :D

      Delete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. ada Biorex ama biobig,
      bisa sms/wa aja ke 0856 2410 0734

      Delete
  11. Kelinci saya dah umur 6 bulan++ tpi kok masih gak mau kawin yaa...
    Knapa itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. bnyak faktor sih, kelinci nya di satuin terus ga?
      klo di satuin terus kemungkinan kawin tpi kebetulan ga keliatan

      btw kelinci nya satu jenis ga

      Delete
  12. permisi pak gimana cara mengetahui kalau dah kawin jika saya tidak melihatnya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah susah om, pling dikira2 klo ngga ya dikawinkan lagi klo nolak kemungkinan dia sudah kawin,
      atau tunggu 2 minggu coba palpasi(raba perut nya)
      atau tunggu 1 bulanan dia beranak apa ngga :D
      semoga jawaban nya membantu ..

      Delete
  13. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  14. Halo, kelinci saya FL umur 8 bulan, sepertinya udah ingin mating, krn kucing persia betina saya dikejar2 terus. Kalau ngga dikawinkan ada efeknya ngga?
    Kalau harus dikawinkan, ada kelinci betina yg bisa dikawinkah kah? Please help, thanks!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umur segitu, birahi nya sudah matang. dah kelinci birahinya cukup tinggi. alangkah baik nya di kawinkan...
      klo efek sih ga terlalu signifikan tp ada kemungkinan stres nya jd lebih tinggi.
      u/ fl yang bisa dikawin kaya nya banyak, mungkin bisa ke temen nya yang punya kelinci juga atau cari2 si sosmed pasti ada..

      Delete
  15. O gituu.. Okee thanks and have a good day :D

    ReplyDelete
  16. Kelinci saya udah 4 bulan, setiap hari saya lepas, awalnya mereka main2 dulu di halaman rumah saya, terus mereka ke lapangan. kadang2 pas mereka ke lapang yang jantan ngawinin betinanya tapi betinanya malah lari, sempat betinanya diam aja tapi gak jadi. itu terjadi hampir tiap hari, gak terlalu sering sih. tapi ttep aja cemas. betinanya kadang mau, tapi gak hamil2. jadi bingung..
    apa harus dipisah tuh biar betinanya mau kawin? soalnya saya cek tanda2 diatas dua duanya udah siap kawin (seharusnya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo 4 bulan, mah lum siap kawin. kemungkinan hamil nya kecil. klo mau terus diumbar kaya gitu ya ga pa sejadinya aja.
      klo mau kawin kandang sy saranin di umur 5-6 bulan an

      Delete
    2. Sip semoga cepet beranak bunny nya :D

      Delete
  17. Assalamualaykum..

    uraniwarabbit saya mau tanya kalau kelinci betinanya umurnya 4 bulan sedangkan yang jantan umurnya sudah 6 bulan boleh tidak ya dikawinkan? terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaikumsalam, klo 4 bulan mah mendingan jangan, sy sarankan min 5 bulan untuk bagus nya lgi 6 bulan keatas.

      Delete
  18. Asalamualaikum gan,mau nanya. Saya punya kelinci umur nya sekitar 5bln,nah dr awal beli emang satu kandang. Skrng si jantan naik2 trs ke betina,tp ga keliatan si jantan sampe jatuh waktu beres kawin. Itu gmn yah? Apakah emang sudah kawin atau gmn,saya kurang ngerti. Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsallam, ya harus dipisah gan..
      berhubung lum tau dah jadi pa belum, paling dilihat aja perkembangan nya, ada ciri2 hamil ga..
      klo sudah lewat 30hari setelah dipisah kemungkinan besar ga jadi hamil

      Delete
  19. assalamualaikum, kelinci saya jantan betina usia nya udah 8 bulanan, uda beberapa kali mereka kawin, tapi ko gag hamil2 ya? soalnya tiap mereka kawin saya selalu hitung dikalender, buat persiapan lahirannya. ada pengaruh gag ya dari lebatnya bulu kelinci, soalnya betina jenis angora bulunya lebat, takutnya menutupi kemaluannya, jdi gag berhasil kawinnya. minta solusinya mas, makasih banyak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaikumsallam, klo untuk kelinci berbulu panjang terutama angora tentu sangat ngaruh, klo mau dikawinin mending dicukur dulu seengga nya bagian sekitar kelamin nya terutama betinanya. walau pun kadang suka ada yang berhasil tanpa cukur tp aga susah.
      trus perhatikan juga proses nya si jantan nya sampe jatuh terkulai gitu ga...
      klo ga kemungkinan gagal nya besar, bisa dicoba lagi selang 15-20 menit atau besok nya

      Delete
  20. Bang mau tanya, kelinci saya yang betina itu lebih endut dari yang jantan, trus pas saya satuin yang betina malah ngejer" yang jantan, dan yang jantan malah ditumpangi, kan aneh, lha itu solusinya biar bisa kawin gimana ya ? O iya yang betina itu abis nglairin tapi anaknya metong digondol tikus kalo ga kucing. Trus kembali ke awal

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau sy itu birahi si betina sedang tinggi-tinggi nya, tp si jantan sebalik nya.
      solusi nya tunggu 2-3 harian bru kawinin lagi.
      kalo ngga coba sijantan di umbar dulu baru si betina nya
      jangan lupa pakan ekstra untuk si jantan

      Delete
  21. ass
    sy mau tnya msh newbie,,sy pnya klnci anggora sepasang msh kcl,,apakah harus lgsg di pisah atau tunggu 3/4 bulan baru di pisah agar nnti nya mau kawin,,ty

    ReplyDelete
    Replies
    1. dipisah kandang bukan untuk mau kawin tapi biar ga berantem, dan perkawinan nya terjaga.

      klo masi di bawah 4 bulan sih ga masalah mau di pisahin atau di satuin juga. tp klo kandang dll memmungkinkan lebih baik di pisah saja.

      Delete
  22. Min, mau tanya niih.. Rada aneh sihh tp ya gimana.. Saya di rumah ada fg betina umur 4bulan jalan 5bulan.. Karena anak ngambek minta rex makanya beli lagi mini rex jantan umur kuranglebih 2bulan.. Pas beberap hari dipisah akhirnya nyoba dikeluarin bareng.. Lha kok ini mini rex langsung ngajak kawin gini... Akhirnya langsung Pisahin paksa.. Walau kena cakar sama mini rex..
    Pertanyaannya >>
    itu normal ngga buat kelinci umur segitu..?
    Kalo dibiarin bermasalah ngga..?
    Soalnya yg fg kaya pasrah gitu pas dinaikin..
    (~_~;) padahal ukurannya kaya langit ama bumi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo umur 2 bulanan, sy lum pernah lihat. trus setahu birahi nya juga lum tumbuh.. klo 3-4 bulanan emang dah mulai dia tp jarang yang yang sampe hamil...
      klo masalah ukuran sih ga soal..

      Delete
  23. Assalamualaikum uraniwa rabbit saya mau nanya
    1. Kalo FL dikawinin sama FL campuran gitu yang kupingnya gk kebawah apa gk papa?
    2. Kelinci saya yang lokal pernah mau dikawinin teriak gitu terus dipisahin sama jantannya tapi selang berapa bulan dikawinin lg betinanya mojok2 jauh2 dr jantannya apa harus cari jantan lain? Kalo dicoba selang berapa bulan lagi bisa tiba2 mau gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalikumsallam..
      1. untuk perkawinan beda jenis pada dasar nya ga masalah, cuman perlu di perhatiin ras keturunan nya itu masuk blingon, ato campuran ato mix bisa bagus bisa ngga.

      2. harus dipastiin dulu si betinya apakah sudah cukup umur, sudah masa birahi belum,
      asumsi semua sudah siap, itu bisa dicoba selang seminggu juga cukup. klo masih ga mau baru bisa dicoba ke kelinci yang lain

      semoga membantu

      Delete
    2. Oh.. ok ok makasih banyak atas informasinys

      Delete
  24. Selamat pagi uraniwa rabbit.. Kelinci betina saya umurnya 11 bulan dan jantan nya sekitar 7 bulan. Mereka tidak saya kandang tapi hidupnya di taman cuma dikasih pagar aja sekelilingnya. Saya sering liat kelinci betina nya menaiki kelinci jantan,tapi kelinci jantan cuma diam aja nggak ada tanda2 penolakan.. Nah itu gpp ya? Apa saya mesti misahin mereka dan beli kandang masing2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan klo di lihat umurnya itu karena biarah si betina lebih besar dari birahi si jantan,..
      ideal nya dipisah.. tp luas sih ga pa@ disatukan juga..

      Delete
  25. Assalamualaikum uraniwa rabbit mau nanya sebelumnya mungkin keluar topik di atas kan saya mau umbar kelinci saya jantan dua2nya tapi mereka malah saling kawin terus gitu itu gimana ya apa nnt ada efeknya kayak stress trs mati apa emag sebaiknya kalo mau diumbar dipisah2 atau disekat gitu? Gimana kalo betina dengan betina juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsallam ...

      itu karena 2-2 nya sudah birahi -- ciri-ciri kelinci birahi --
      baik nya sih dipisah aja klo area umbar nya ga terlalu gede, soal nya bisa memicu perkelahian.
      klo terlalu sering sih bisa juga jd stres

      Delete
  26. Assalamu'alaikum. Saya mau tanya. Saya dulu beli kelinci sepasang. Kata penjualnya dua2nya jenis luar tp saya gatau jenisnya apa. Cuma stelah sebulan jantannya mati.trus pas lebaran kemarin saya beli kelinci lagi yang jantan tapi jenisnya lokal. Sekarang umur yang betina udah 7 bulan dan si jantan umur 3 bulan. Dan kandangnya disatukan. Pernah saya pisahkan kandangnya tapi si betinanya cakarin kandang sampau rusak terus keluar buat nyariin kelinci yang jantan. Dulu juga pernah si betina naik2 ke si jantan sampai si jantan jerit2. Itu apakah karna betinanya birahi? Apa kalau si jantan sudah cukup umur bisa dikawinkan? Lalu bagaimana cara ngawininnya kalau mereka gak mau dipisah? Makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsallam ...
      kemungkinan itu karena si betina udah birahi..
      saran sy sih dipisah aja. klo ada teman yang punya kelinci juga numpang kawin aja sibetina nya,
      klo ga ya nunggu si jantan sampe siap kawin skitar umur 5-6bln an.
      klo ga dipisah, kawin nya ya semau nya mereka aja.. yg jadi masalah klo mereka kawin trus sampe hamil tapi ga ketauan hamil nya tau-tau brojol aja anak2 nya resiko kematian nya lebih tinggi..

      sarang sy sih mending dipisah aja, umur 3bulan masih kemasuk muda, dikejar2 terus apa lagi ampe jerit2 takutnya jdi stres..

      Delete
    2. Ok makasih kak infonya 😊 tapi kalau dipisah apa mereka bakal jadi stres gara2 udah kebiasaan satu kandang? Trus kan kelinci saya tiap hari dikeluarin dan suka main berduaan.kalau kandang dipisah terus tetep dikeluarin bareng gapapa?

      Delete
    3. InshaAlloh ngga, asal kebutuhan nutrisinya terpenuhi.
      klo mau dikeluarin satu-satu aja gilirah. klo ngga kasih skat. kecuali mau dikawinin
      klo tetep disatuin sebener nya ga pa2,yang di hawatirin mereka kawin trus hamil dan ga ketauan tau tau sikelinci beranak tar resiko kematian nya lebih tinggi..

      Delete
  27. Saya mau tanya , berapa lama yaa kelinci dipisahkan beda kandang kalau ingin di kawinkan? Soalnya selalu satu kandang . Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. pisah kandang bukan sarat mau dikawinkan, tp untuk menghindari hal2 yang tidak diharapkan, seperti perkelahian, kawin tak terkontrol dll. memang tidak selalu terjadi tp sering terjadi.
      saran saya lihat dulu masa birahi nya klo sudah baru dikawinkan. setelah itu kandang nya selalu dipisah..

      Delete
  28. Biasanya kelinci yang hamil yterus ngelahirin itu umur berapa yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo umur kelinci nya ya tergantung pas di kawinin nya umur berapa.
      usia yang di saranin 6 bulan keatas.
      masa hamil itu 28-32 hari

      Delete
  29. Kelinci saya teriak teriak trs klo pas mau d kasih mkn atau mau mengusap bulunya teriak, knpa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan besar dia stres atau ada yang sakit luka gtu..
      coba gendong mau ga, pelan2 aja sering2 di elus2..

      Delete
  30. gan, saya mau tanya
    kalau 1 kandang isi 4 ekor kelinci umur 2bulanan boleh gak ya??
    klo bisa minta pin nya buat tanya" :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kandang nya ukuran brapa
      uraniwarabbit, 56ED9E67

      Delete
    2. Kelinci jantan saya kok itu ondol2 nya cuma 1 biasanya kan 2 yaa.. maaaf ondol2 yg di kelamin gatau namanya apa

      Delete
    3. @rita msfufah
      itu nama nya testis. iya sih biasa nya 2.sy ga tau kenapa cuman 1 munkin cacat bawaan

      Delete
  31. Assalamualaikum, mohon dibantu. Saya punya 2 kelinci (peranakan anggora & lokal) yang disatukan dalam 1 kandang (skrg usia +/- 6 bulan). Pada saat saya beli usia kelinci tersebut 2-3 bulan, dan penjualnya bilang itu sepasang. Namun belakangan saya sering lihat mereka saling menindih, dan yg anggora jadi cukup agresif bahkan kadang cenderung galak. Akhirnya kelinci lokal nya saya berikan ke tetangga, karena saya berpikir ini ternyata sama sama jantan dan sudah memasuki usia kawin. Namun efeknya kelinci anggoranya skrg makan agak susah, dan terlihat gelisah (sering menendang kandang).
    1. Apakah kelinci saya stress?
    2. Bagaimana cara mengatasi birahi yg tinggi tersebut? Apakah harus dicarikan betinanya?

    Mohon sarannya.
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsallam, maaf telat jawab.
      1. bisa stres bisa karena birahi nya lgi tinggi
      2. ya harus dikawinkan

      Delete
  32. Assalamu'alaikum gan. Mau nanya dong. Saya punya kelinci betina umur 7bln mau dikawinin sma kelinci jantan umur 1thn. Tpi badannya lebih kecil dri kelinci saya. Mau dikawinin malah yg betinanya birahinya lebih tinggi, selalu naik kepunggung jantannya. Masalahnya kandang jantannya lebih kecil drpda kandang betina punya saya. Saya coba kawinin dikandang betina, malah betinanya yg birahinya tinggi. Ini solusinya gmna ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsallam,
      maaf telat reply
      klo jantan nya kalah ama betina mungkin bisa ditunggu / dicoba 1-2mingguan lagi. ato klo ada coba ama pejantan lain yang udah pernah kawin

      Delete
  33. Ass om..
    Saya mau tanya..
    Kelinci saya sepasang kalo saya perhatikan sudah kawin soalnya betinanya udh nggk mau lagi dikawinin si jantan.. udah bbrpa hari yg lalu saya pasangkan.. kelinci betina juga jd agresif ke klinci lainnya kecuali ke jantan psanganya(mungkin ngerti klo itu yg ngawinin dia) pertanyaan saya, apa sebaiknya dipisahkan dari jantan yg aslinya? Atau biarkn saja bersama smpai betina melahirkan? Kalo sprti itu kira kira betinanya sudah hamil blm y?
    Mohon bimbingannya .. terimakasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ass ??

      baik nya sih dipisan sendiri-sendri aja..
      apalagi klo dah hamil, resiko kematian buat anak nya tinggi klo di satuin terus

      Delete
  34. Ass..
    Saya mau tanya dong..
    Mengapa kelinci saya sudah di kawinkan beberapa hari. Di hari 35 setelah kawin kok belum lahiran yah???
    Padahal waktu masa perkawinan kelinci saya yg jantan udah beberapa kali naiki yg betinanya.
    Mohon jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas proses perkawinan apa sudah dipastikan tanda keberhasilan kawin nya,..

      trus apa kah si betina nya dalam keaadaan birahi ato tidak.

      kemungkinan besar gagal kawin dan tidak hamil

      Delete
  35. Assalamualaikum, mau tanya, saya punya kelinci betina 6 bulan dan jantan 5 bulan, si betina ini birahi ngejar2 yg jantan jd kayak berantem gitu, yg jantan sampe jerit2an dan ketakutan. Utk kelinci jantan 5 bulan apa belum siap kawin?? Selama ini mereka disatuin dlm 1 kandang karena memang blm ada kandang lain, kalau d kandang sih mereka anteng2 aja, tp pas diumbar yg betina jd agresif banget. Kalau mereka tetap disatuin dlm 1 kandang bahaya gak ya buat si jantan?
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaikumsallam, jantan 5bln sebener nya udah siap. mungkin karan betina lebih birahi jd lebih agresif. saran sy mah tunggu min 1 bln an lag aja..
      bagus nya sih dipisah klo tetep d satuin takut nya pas birahi tinggi pasti salah stu dikejar2 takut nya malah jadi stres.

      Delete
  36. Malam pak. Bagaimana cara membedakan spesies kelinci?? Mohon jawabannya. Terima kasih

    ReplyDelete
  37. Hallo gan... Kalau terlanjur kelinci betina umur 3 bulan dikawinin jantan gimana gan? Kira2 itu bisa hamil ga umur segitu? Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo juga...
      umur segitu mah msih belum gan

      Delete
  38. Assalamualaikum
    Saya mau tanya, saya punya 2 ekor kelinci betina dan jantan, saya membeli pada umur sekitar 1 bln, jdi saya rawat dudalam satu kandang sampai sekarang sekitar umur 9 bln, karna saya kurang mengerti cara merawatnya.
    Pertanyaan saya
    1.apakah kelinci yg sudah disatukan slma 9 bln dpt hamil lgi?
    2. Bagaimana cara mengawinkannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsallam, ...
      1. isnsyaAlloh bisa...
      2. Pisahkan dulu, coba tunggu si betina klo udah masa birahi baru kawinkan lgi

      Delete
  39. Salam kuping panjang
    Kelinciku lokal sepasang umur 8bln semua
    Krna gk punya kandang jdi saya umbar di halaman belakang (gak ada tanahnya)
    Gmn caranya kelinci betinanya agar mau kawin sma jantan? Kata orang" dikasih kemangi. Minta solusinya min

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam, ..
      asal kering ya ga masalah...

      harus tunggu masa birahi nya, kemangi yg sy tau buat bantu mempercepat masa birahi sebernya.
      ada juga obat u/ meningkat kan birahi juga...

      klo di satuin terus kelemahan nya kita tidak bisa kontrol kapan mau di kawinin nya, ujung2 nya kita ga tau kapan kira2 ngelahirin na
      ya jd semau nya kelinci aja,

      Delete
  40. Assalamualaikum om.. om saya mau tanya nih. Saya punya kelinci 2 ekor, terus disatuin dan saya nunggu dia sampai kawin dan pada akhirnya kawin juga 2 kali, tapi ko belum hamil y?? Apa mungkin gagal kawinnya? Apa harus ada pemisahan antara jantan dan betina lalu selang beberapa waktu satukan kmbali untuk dikawinkan? Atau gimana om? Minta solusinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seberner nya udah kebahas di artikel,..
      btw umur kelinci nya brapa bulan.

      bagus nya jantan dan betina itu di pisah, di satukan hanya pas kawin aja

      Delete
  41. Assalamualaikum
    Min numpang tanya kira - kira kelinci kalo ngelahrin cocok di taruh kandang bambu apa diluar kandang berhubung kebun saya itu pakai pembatas ? Trus mau tanya sekitar berapa minggu kelinci baru melahirkan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo memungkin kn bebih bagus d luar kandang lebih alami, tp harus d pastikan aman.
      klo tidak bisa memastikan ya lebih baik di kandang aja.

      masa kehamilan kelinci sekitar 28 - 32 harian

      Delete