Kangkung | Uraniwa Rabbit

Kangkung

Uraniwarabbit.blogspot.com– kangkung, kangkung (Ipomoea aquatica forsk) adalah tumbuhan jenis sayuran yang berdaun lebar dan batang berongga. Kangkung banyak hidup liar didaerah rawa-rawa atau sawah. Bahkan tidak sedikit juga yang membudidayakan. Kangkung banyak mengandung zat yang bermanfaat bagi tubuh, dan pengolahan kangkung pun sangat beragan dan rasanya juga lezar oleh sebab itu lah kangkung bernilai jual untuk di budidayakan.

kangkung - uraniwarabbit

“ Ini kan blog kelinci apa hubungan nya ngebahas kangkung ama kelinci ?? “


Gini loh, kelinci jika diberi kangkung akan sangat lahap dan sangat menyukai nya. Masalah nya banyak yang tidak tahu bahwa kangkung beresiko tinggi terhadap kematian kelinci.

“Tapi kan kangkung bukan tumbuhan beracun “

Betul sakali kangkung bukan tumbuhan yang beracun baik bagi manusia atau pun hewan, terutama bagi kelinci. Kangkung adalah salah satu sayuran yg mengandung gas tinggi. Menurut para ahli, kangkung memiliki sifat Fermentable Oligo-Di-Monosaccharides and Polyols (FODMAP) atau secara sederhana merupakan gula yang ditemukan dalam makanan, yang dapat menyebabkan gejala Irritable Bowel Syndrome (IBS) atau kembung.

Kembung pada kelinci ini biasanya diikuti oleh mencret, dan jika telat penanganan nya akan berujung kematian.

“Kelinci saya aman-aman aja dikasih kangkung “

Daya tahan kelinci itu berbeda-beda, sama hal nya seperti manusia ada yang makan sedikit sambel langusung sakit perut dan ada juga yang makan sambal banyak tapi tidak merasakan apa-apa.

Pada umum nya dayan tahan kelinci terhadap kangkung cukup rentan terutama bagi akan kelinci. Jadi jika ingin kasih kangkung harap bijak, mungkin pemberian yang hanya sesekali itu masih ok.

“ Terus kalo sudah terlanjur kembung dan mencret gimana penangan nya nya biar kelinci ga mati ??”

Tenang, langkah yang pertama adalah JANGAN PANIK, berikut nya baca artikel Kembung, Mencret pada kelinci dan cara mengatasi nya.



Semoga bermanfaat

This entry was posted in , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a reply