Perawatan Kelinci Hamil dan Beranak | Uraniwa Rabbit

Perawatan Kelinci Hamil dan Beranak

Uraniwa Rabbit, Senang nya klo kelinci kita beranak, tapi ko sering mati..?? pengalaman tersebut banyak dialami oleh para hobis kelinci termasuk saya. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pengetahuan terhadap kebutuhan kelinci tersebut.

“Aduh.. saya ga tau kelinci hamil tau-tau beranak..??” mmm coba baca dulu cara mengetahui kehamilan kelinci, setelah mengetahui kelinci kita hamil atau tidak maka kita bisa melakukan persiapan - persiapan tertentu agar tingkat kematian anak kelinci dapat kita tekan.


Apa aja sih persiapannya ?? ada beberapa poin,mari kita bahas...
Indukan jantan dan betian wajib di pisah kan tidak boleh di satukan.

Kelinci hamil cenderung nafsu makan akan meningkat maka sebisa mungkin pakan di kandang tidk boleh kosong, alias harus selalu tersedia. Selain itu juga pastikan nutrisi kelinci terpenuhi. Usahakan rumput, sayuran dan pelet khusus kelinci selalu tersedia. Teknis pemberian nya bisa bergantian secara berkala.

Kelinci hamil tingkat stress cenderung meningkat,beri perhatian dan kasing sayang dengan cara mengelus-elus kelinci adalah cara yang paling tepat untuk menekan tingkat stress pada kelinci terutama kelinci yang pertama hamil.

Kandang adalah rumah bagi kelinci, jadi pastikan kebersihan kandang nya terjaga dan selalu kering, luas kandang pun sebisa mungkin disesuaikan.

Pemberian vitamin khusus kelinci akan lebih baik untuk menjaga kebugaran kelinci itu sendiri.

Jika usia kehamilan sudah menginjak hari ke 25 maka kita wajib memberi kan kotak sarang (nest box) yang di isi oleh rumput kering agar sikelinci merasa nyaman.

Setelah kelinci beranak harus kita pastikan bahwa kelinci tidak ada yang beranak di luar nest box, jika ada masukan kedalam nest box tapi ingat jangan tersentuh tangan langsung gunakan lap/sarung tangan atau apapun untuk memindahkannya. Induk kelinci akan menyusui biasa nya pada malam hari menjelang subuh. Tugas kita memastikan bahwa si anak-anak kelinci disusui induk nya cara nya memperhatikan anakan pada pagi hari nya jika terlihat buncit dan bergerak-gerak lincah tandanya disusui induknya dengan baik. Jika tidak kita harus memastikan ke esokan hari nya jika anak kelinci yang kita curigai makin kurus dan makin lemas harus segera di pisahkan dan rawat oleh kita sendiri. Insya Alloh di lain kesempatan akan dibahas cara merawat bayi kelinci.

Untuk induk kelinci pasca beranak pasokan makanan dan minuman pastikan tersedia selalu dan kandang terjaga kebersihannya.


Semoga bermanfaat.

This entry was posted in , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Perawatan Kelinci Hamil dan Beranak

  1. kelinci saya hamil sudah 30 hari. tapi belum ada tanda2 akan melahirkan (cabut bulu/ buat sarang jika diberi hay). mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan kelinci nya ga hamil/ hamil semu

      Delete
  2. Apa saja langkah2 merawat memberi susu anak kelinci tanpa induknya??
    Trus pake susu apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksud nya langkah2 gimana ya...

      susu nya bisa pake susu bayi / susu husus hewan seperti susu u/ kucing dll...

      Delete