Tips Merawat Kelinci | Uraniwa Rabbit

Tips Merawat Kelinci


Kelinci merupakan salah satu binatang peliharaan yang banyak di gemari semua kalangan karena tingkah dan bentuk nya yang lucu dan imut, tidak hanya itu penjual kelinci juga banyak dan mudah mendapatkannya. Tapi bagi pemula dan kebanyakan orang yang merawat kelinci beranggapan merawat kelinci itu susah karna kelinci gampang mati. Sebenar nya merawat kelinci tidak sesulit seperti dugaan banyak orang. Berikut sedikit tips untuk merawat kelinci kesayangan anda.

Untuk yang baru pertamakali memelihar kelinci usahakan beli kelinci yang berusia diatas 3 bulan. ( kenapa harus tiga bulan - bisa liat di Tips memilih kelinci :D ).

merawat kelinci
Kelinci sehat - Pakan sehat
Kandang
Kebersihan kandang adalah hal yang penting dan merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam memelihara kelinci,. Pastikan kandang selalu bersih dan kering. Buang sisa pakan kemarin terutama bagi yang memberi pakan dari syuran dan rumput-rumputan kecuali pelet khusus kelinci. Sapu setiap hari jika ada kotoran yang tertinggal di dalam kandang. 1-2 minggu sekali bersih-bersih kandang secara besar maksudnya sikat lantai kandang, sapu-sapu luar dalam kandang dll.


Penempatan kandang diusahakan tidak di tempat kan di tempat yang lembab, daerah yang terlalu bising, terlalu banyak orang dan yang paling utama aman dari predator seperti kucing, anjing dan tikus dll karena akan berpengaruh terhadap tingkat stres kelinci. Usahakan penempatan kandang bisa terkena sinar matahari pagi atau sore dan bisa terlindungi dari sinar matahari siang.

Pakan
Pakan kelinci merupakan kunci yang paling utama. Untuk urusan pakan alankah lebih baik jika membaca referensi terlebih dahulu. Secara umum kelinci memakan sayuran, biji-bijian, rumput dan pelet.

Hindari pemberian kangkung, kol, kubis dan sejenis nya karena mengandung banyak gas akan menyebabkan kelinci mudah terserang penyakit kembung dan mencret. Pastikan tidak memberi sayuran dalam keadaan yang baru keluar dari kulkas. Lebih baik di berikan dalam keadaan setengah layu. Untuk rumput, ada beberapa jenis rumput yang baik untuk kelinci ada juga yang tidak baik bahkan tidak boleh di kasih pada kelinci. Inssyaallah akan dibahas di artikel selanjut nya :)

sebagian pecinta kelinci enggan sedikit repot mencari rumput atau sayuran sehingga lebih memilih menggunakan pelet. Sebenar nya pilihan ini tidak masalah hanya saja masih banyak yang memberi nya dengan pelet unggas. Saya sarankan segera ganti dengan pelet husus kelinci.

Paradigma umum tentang kelinci bahwa kelinci tidak butuh minum, itu salah besar, setiap mahluk hidup pasti membutuhkan minum. Jadi sediakan selalu air bersih untuk minum kelinci.

Kebersihan kelinci itu sendiri
Pada dasar nya kelinci adalah hewan yang suka akan kebersihan, pernah liat si kelinci sering menjilati kaki atau badannya ?? pernah perhatiin juga kelinci selalu buang kotoran di tempat yang sama?? itu upaya si kelinci untuk menjaga kebersihan badannya. Nah sebagai majikan kelinci,wajib membantu menjaga kebersihan badan kelinci saya sarankan untuk menyisir bulu kelinci terutama untuk yang berbulu tebal, grooming (mandikan kelici) setidaknya 1-2 bulan sekali. Perhatikan sela-sela kuping, kuku, dan sekitar anus nya biasanya daerah itu yang sering kotor. Untuk tenggang waktu mengecek kebersihan kelinci sebenarnya tidak ada patokan husus yang penting teratur dan berkala.

Dengan memperhatikan ketiga faktor diatas insyaallah kelinci akan lebih sehat dan terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan. Semoga tips singkat ini bisa bermanfaat. Oya, klo ada pertanyaan silah kan ajukan di page– tanya jawab. Agar para pembaca lain bisa dengan mudah membacanya dengan harpan bisa salin bertukar informasi yang bermanfaat. Salam – UraniwaRabbit.

This entry was posted in , , . Bookmark the permalink.

Leave a reply