Rumput Hay Untuk Kelinci | Uraniwa Rabbit

Rumput Hay Untuk Kelinci

Rumput Hay Untuk Kelinci, uraniwarabbit.blogspot.com , Yang pelihara si unyu aka kelinci so pasti ingin kelinci nya sehat walafiat bin panjang umur. nah salah satu faktor yang sangat penting mencapai itu adalah asupan bagi kelinci itu sendiri. menyediakan dan pemberian pakan  adalah tugas dari majikan  si unyu, oleh karena itu sang majikan harus mengetahui makanan apa yang bagus.

rumput hay untuk kelinci

Yang umum kita ketahui pakanan kelinci itu rumput & sayuran, ga salah sih toh di alam liar juga kelinci yang dicari nya ga jauh dari rumput dan sayuran munkin sedikit buah-buahan juga. Sebener pakan yang bagus untuk kelinci adalah yang memenuhi kebutuhan nutrisi bagi si kelinci itu sendiri baik vitamin,gizi, serat, protein dll nya. jadi varisi dari pakan yang diberikan sangat dibutuhkan disini.

untuk jaman now mungkin udah  pada tau kali ya yang nama nya pelet dan hay.  


Pelet kelinci adalah ...  ⎼ berhubung ini judul nya rumput hay untuk kelinci, pembahasan pelet kelinci nya dibaca disini aja ya 😊 ⎼

rumput hay untuk kelinci, emang ada rumput hay buat sapi, kuda atau lain nya ??

Jelas ada banget, di indonesia mungkin istilah hay tidak sepopuler diluar sana, secara bahasa hay bisa diartikan jerami. rerumputan  / dedaunan untuk ternak yang dikering kan juga dikenal dengan istilah hay. 

jadi rumput hay untuk kelinci yaitu rumput yang sengaja dikeringkan untuk di berikan ke kelinci.

Emang rumput apa aja yang bisa dijadikan hay ??

pada dasarnya semua rumput bisa dijadikan hay, tapi yang paling banyak beredar di dunia kelinci adalah timothy hay, alfalfa hay, orchard hay dan ada juga nih odot hay pernah dengar ga ? munkin dari keempat jenis ini masih ada yang lain dan yang mau berbagi tolong dishare di kolom komentar ya. 😊


Odot hay

Odot hay ini biasa nya diproduksi skala kecil oleh para peternak atau para penghoby kelinci. cara pembuatan penanaman yang mudah serta biaya yang murah menjadi alternatif pakan kelinci yang cukup jitu. Konon katanya odot hay bagus buat kelinci tapi saya sendiri tidak menggunakan nya, selain tidak punya lahan untuk penanaman nya saya rasa odot hay juga tekstur nya terlalu kasar. untuk kandungan nya sendiri saya juga belum tau pasti karena belum menemukan literatur tentang kandungan rumput jenis ini.

Orchard hay

Dari nama nya jenis rumput ini kaya nya rumput "bule" deh untuk di Indo sendiri saya ga tau ini termasuk jenis apa karena jenis rumput ini awal nya diluar sana. Jenis rumput ini sengaja ditanam untuk keperluan ternak, bahkan sudah ada industri yang mengemas dan mengkomersilkan nya. meski banyak yang jual untuk kelinci jenis ini tidak sepopuler kedua jenis lain nya ( timothy dan alfalfa).

Timohty hay

Sama halnya kaya orchard, timothy juga jenis rumput yang dikomersilkan untuk dipake pakan ternak. di kalangan breeder kelinci, rumput hay timothy ini banyak sekali digunakan dan direkomendasikan. selain kandungan yang bagus, rumput hay timohy juga banyak beredar dipasaran. mualai dari kualitas bawah, sedang dang premium.

Alfalfa hay

Rumput hay jenis alfalfa ini juga banyak digunakan dan direkomendasikan oleh para breeder kelinci. 


dari keempat jenis rumput diatas, rumput hay yang banyak dicari dan direkomendasikan untuk kelinci adalah timothy hay dan alfalfa hay. sering sekali saya mendapat pertanyaan apa sih beda nya alfalfa ama timothy.

mari kita bahas sedikit lebih dalam ⎼ so expert ya saya 😜 , demi selesai nya artikel abaikan saja ya 😏 ⎼

Rumput hay Timothy  vs rumput hay alfalfa

Rumput hay manakan yang lebih bagus untuk kelinci..? 

rumput hay timothy dan rumput hay alfalfa dari sisi tekstur jelas sangat berbeda bisa dilihat dari gambar berikut. 


yang paling penting nuntrisi dan kandungan kedua jenis rumput ini, seperti bisa dilihat di tabel berikut ini


* acid detergent fiber digunakan untuk mengkalkulasi energi yang akan diturunkan dari makanan yang akan digunakan bagi hewan.

** neuteral detergent fiber digunakan untuk mengkalkulasi berapa lama makanan ini bertahan (kenyang berapa lama).

sedikit tentang kelinci dan kalsium, kelinci sangat efisien dan sangat sedikit menyerap kalsium. kelebihan nya akan dibuang bersama an dengan urine. jadi jangan heran kalo menemukan pipis kelinci sedikit kental dan putih2 gitu kaya ada bubuk kapur nya. ini merupakan tanda kelebihan kalsium.

Dari uraian di atas menurut saya rumput hay yang bagus untuk kelinci adalah kombinasi dari kedua jenis rumput, atau di sesuaikan dengan kondisi kelinci mana yang diperlukan lebih protein kah, lemak kah, serat kah atau kalsium.


Bagai mana cara mendapat kan rumput hay ??
Jaman now mah mudah, tinggal beli aja di @uraniwarabbit_store 😃


ga kerasa panjang juga nulis,...
mudah-mudahan ga bosen dan bisa bermanfaa ya,...



This entry was posted in , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a reply