Kandang Koloni VS Kandang Individu | Uraniwa Rabbit

Kandang Koloni VS Kandang Individu

Uraniwarabbit.blogspot.com. Kandang Koloni VS Kandang Individu, memelihara kelinci hukum nya wajib mempunyai kandang. Kandang kelinci ini berfungsi sebagai rumah bagi kelinci tersebut. Berbicara soal kandang kelinci maka kita harus tau ciri-ciri kandang kelinci yang baik, agar kelinci dapat nyaman dan yang paling penting kelinci kesayangan kita kesehatannya terjaga.

Pada artikel ini tidak membahas kandang seperti sebelum nya. Tapi hanya membandingkan kandang koloni dengan kandang individu.

Apa itu kandang koloni?? apa itu kandang individu?? monggo dilanjut bacanya :D

Kandang koloni vs kandang individu

Kandang Koloni
Yang dimaksud kandang koloni adalah kandang yang dihuni/diisi oleh lebih dari satu ekor kelinci. Biasanya kandang koloni banyak diterapkan oleh para penghobi skala rumahan. Satu kandang diisi oleh satu pasang kelinci atau lebih alasannya pun beragam, ada yang beranggapan kalo disatu kandangin kelinci nya jadi ada teman, ada juga yang bilang kandang nya cuma punya satu dan masih banyak alasan lain nya.

Untuk sekala peternakan ada juga yang menggunakan sistem kandang koloni tujuannya untuk mengelompokan berdasarkan hal-hal tertentu seperti berat badan, umur dll. Agar memudahkan dalam pemilih

Kandang Individu
Kandang individu adalah satu kandang diisi oleh satu ekor kelilnci saja. Yang dimaksud satu kandang disini adalah satu kotak kandang, jdi klo ada kandang yang ditumpuk atao lebih dikenal kandang batrai itu diitung kotakannya.

Jadi bagus nya kandang koloni atau kandang individu ?? kenapa??
ya bagus nya kandang Individu. Ini kelebihan kandang individu
- kelinci lebih leluasa
- terhindar dari perkelahian
- memudahkan dalam pengontrolan baik kesehatan atau pun perkawinan kelinci (terutama skala ternak)

Kalo bagus kandang inividu, kenapa harus ada kandang koloni??
pada dasarnya kelinci adalah hewan yang suka berkoloni, tapi jika kelinci sedang mengandung suka memisah kan diri dari koloni. Setelah beranak anak-anak kelinci dan induk nya masih belum bisa berpisah, setelah kelinci cukup umur – biasanya diatas 3 bulan – baru bisa berpisah.
Nah disini fungsi nya kandang koloni agar anak-anak kelinci masih bisa disatukan bersama induk dan sodara-sodaranya.

Trus kenapa kalo di peternakan di kolonikan berdasarkan umur atau berat badan atau lain nya??
yang suka dikolonikan berdasarkan kategori tertentu biasanya peternakan kelinci pedaging. Tujuannya untuk memudahkan sipeternak untuk keperluan-keperluan tertentu.

kesimpulan
setelah dibanding kan kandang koloni vs kandang individu keduanya mempunyai tujuan tertentu. Untuk pemeliharaan umum seperti hobi alangkah baiknya jika kelinci diberi kandang individu alasan yang paling utama adalah menghindari perkelahian dan perkawinan yang tak teratur.

This entry was posted in , , , . Bookmark the permalink.

Leave a reply