Tips Merawat Kelinci Berbulu Panjang ( Anggora) | Uraniwa Rabbit

Tips Merawat Kelinci Berbulu Panjang ( Anggora)

Uraniwarabbit, kelinci berbulu lebat seperti anggora adalah salah satu kelinci yang banyak dipelihara baik untuk peliharaan atau pun industri, dipelihara karena kelucuannya dan untuk industri untuk diambil bulunya. Bagi yang suka kelinci jenis anggora ini pasti mengalami suatu kendala yang umum terjadi seperti bulu kusut dan gimbal karena secara alami kelinci adalah hewan bersih,oleh kerena itu pasti kita sering melihat kelinci menjilati bulunya. itu tandanya sedang membersihkan diri, tapi jilatan tersebtu sedikit tidak nya meninggal kan air yang menyebabkan bulu kusut. Belum lgi terkena tetesan air minum, air seni nya dll. selain tidak enak dilihat, bulu gimbal dan kusut juga memperbesar kemungkinan terkena penyakit scabies, bagai mana caranya agar kelinci anggora kesayangan kita tidak gimbal dan kusut??

ada beberapa tips agar kelinci anggora kesayangan tidak kusut dan gimbal

tips merawat kelinci berbulu panjang

Pastikan kandang selalu bersih dan kering.
Bersihkan kandang secara rutin dan berkala.pastikan adan pembersihan besar-besaran minimal satu bulan satu kali. hal ini adalah prosedur standar dalam memelihara kelinci, berlaku juga untuk kelinci non anggora. karena kebersihan kandang akan berpengaruh terhadap kebersihan kelinci juga terutama kelinci anggora.Bersihkan kandang secara rutin dan berkala.

Sisirlah bulu kelinci secara teratur
Menyirir bulu kelinci pada kelinci anggora adalah wajib hukumnya. pergunakan sisir yang kerapatannya disesuaikan dengan kondisi bulu kelinci. --saya sarankan belilah sisir khusus hewan minimal dua jenis kerapatan yang berbeda--  sisir secara perlahan dari setiap bagian, sambil nyisir kelinci ajaklah kelinci kesayangan berbicara, percaya atau tidak hal ini dapat menurunkan tingkat stress kelinci. lakukan minimal dua hari sekali. biasanya dibagian-bagian tertentu suka terdapat bulu-bulu yang sedikit gimbal, jika disisir tidak bisa terurai maka bagian gimbal tersebut harus digunting.

Blow-up
istilah ini saya karang sendiri biar sedikit keren :D maksudnya meniup bulu kelinci dengan blower jika tidak punya pake hair dryer juga ga apa-apa tapi pake yang dingin nya ya..lebih bagus lagi setelah disisir trus diblow-up trus pake bedak trus di blowup lagi jangan sampai bedak nya tertinggal.

Mandikan kelinci (grooming)
memandikan kelinci tidak perlu terlalu sering cukup1-2 bulan sekali. gunakan shampo khusus kelinci minimal khusus binatang lah :D

semoga bermanfaat




This entry was posted in , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Tips Merawat Kelinci Berbulu Panjang ( Anggora)