Penyakit Scabies dan Cara Pengobatan | Uraniwa Rabbit

Penyakit Scabies dan Cara Pengobatan


Uraniwa rabbit. Bagi para penghobi pets khusus nya kelinci pasti tidak asing jika kelinci terserang penyakit. Salah satu penyakit yang sering hinggap pada kelinci kesayangan adalah scabies. Scabies di kenal juga penyakit budukan, gundik, kutu, kudis borokan dll. Apapun nanamanya scabies adalah suatu penyakit pada lapisan kulit luar yang disebabkan oleh kutu (Sarcoptes Scabies) berukuran antara 0,3-0,4 mm. Kutu ini hidup pada permukaan kulit dan dapat membuat terowongan yang saling berhubungan di sini kutu Scabies ini bertelur dan mengeluarkan kotoran yang menyebabkan timbulnya reaksi alergi dan rasa gatal yang luar biasa.

Kutu Scabies

Kutu Scabies
Kutu Scabies

Penyakit scabies ini termasuk penyakit yang sering dialami penghobi kelinci dan termasuk penyakit yang bisa mematikan, untuk menghindari terkena scabies bersihkan kandang dari kotoran padat atau pun cair yang menumpuk setiap hari atau setidak-tidaknya tiga hari sekali. hindari penyimpanan kandang pada tempat yang lembab. buang sisa makanan seperti rumpum dan sayuran yang tidak di makan. lakukan grooming pada kelinci setidak nya sebulan sekali. bagai mana jika terlanjur kena scabies?? tidak usah panik pengobatan penyakit scabies ini termasuk mudah yang pentik kita secepat mungkin mengambil tindakan.

Ada beberapa cara pengobatan untuk scabies ini antara lain :

Pengobatan scabies dengan obat tradisional, di beberapa litelatur ada yang menulis kan resep campuran alkohol dengan minyak tanah, ada juga campuran belerang dan oli. Terus terang di Uraniwa rabbit belum pernah memperaktikan resep tersebut jd bagi anda yang mau memperaktikan nya agar cara litelatur yang lebih lengkap ya :D

Pengobatan scabies dengan obat salep, untuk teknik pengobatan salep ini uraniwa rabbit belum menemukan salep khusus untuk scabies. Yang penting salep untuk gatal-gatal dan mengandung belerang. Uraniwa rabbit sendiri pernah praktikan menggunakan salep 88 – bukan nya promosi loh ya tapi cuma share pengalaman aja – perlu di perhatikan untuk pengunaan salep, jika bagian yang terkena scabies adalah bagian yang dapat di jangkau jilatan kelinci seperti kaki lebih baik di hindari penggunaannya karena jika didijilatin oleh kelinci nya di takut kan malah jadi kenapa-kenapa si kelinci nya, kan sayang kalo malah jadi masalah baru.
Kelinci Terkena Scabies

Kelinci Terkena Scabies

Kelinci Terkena Scabies
Contoh Kelinci yang terkena Scabies

Pengobatan dengan Kepromec oral, nah ini dia teknik pengobatan yang sangat di anjurakan oleh uraniwa rabbit, kenapa?? kepromec oral ini kandungan obat nya sangat bagus untuk membasmi jamur scabies disamping itu cara pengguanaan nya sangat mudah terutama bagi para penghobi pemula dan yang tidak tega dalam hal menyuntik kelinci – termasuk saya juga ga tega klo nyuruh suntik kelinci – dan yang paling penting kepromec oral di jualdisini – promosi dikit :D –

Pengalaman teman-teman penghobi kelinci lainnya pasti ada yang tidak tertulis di sini munkin ada yang mau share pengalaman teknik pengobatan scabies moggo di persilahkan.

This entry was posted in , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to Penyakit Scabies dan Cara Pengobatan

  1. kalo aq pake cara tradisional ... klinci w yg d serang kaki2 nya ... yg d telinga karna sedikit aq kasih salep kulit... alhamdulillah baikan bahkan nyaris bersih dan g berbekas... kalo yg di kaki krn udah tebel dan berkerak aq kasih obat tradisonal buatan sendiri... yaitu minyak sayur 5sendok makan, sama bbrapa siung bawang merah(3biji,kl g slah) yg diremas2 jadi 1, aq tambahin handsanitizer (merk apa aj bisa, intinya mah ada alkohol nya) kira2 1 sndok makan ... didiemin semalemam biar menyatu, sembari nunggu shari sblm pngobatan kelinci d mandiin pake air hangat biar relax... jd gak berontak... mandi biasa pake syampo sma cndtioner... trus d keringin ampe kering bgt..
    baru deh besoknya pagi2 ramuan ajaib di oles2in ke bagian yg berkerak dan merah2...ati2 klincinya bsa brontak jd pake baju panjang ya atau pelindung dr cakaranya... klo klinci q alhamdulillah anteng mgkin krna enak ato uda pasrah capek ngegaruk ya hehe... klo uda d olesin di lepasin bentar ke tmpat yg rada luas dan kasih makan biar g stres... sorenya di ulang lagi... masukin kndang lg gpp.. stlah smalaman pagi2 nya d mandiin sperti biasa pk air anget... uda pda rontok koreng2nya... masi ada sisa bsa d ulang kira2 5harian klinci q udah bersih.. yg tadinya ada kerak pada lepas beserta bulu2 yg kotor, kulit ujung kaki wrnanya pink .. persis kya kulit baru ... seneng skrg klinci q uda mau makan byak dan gak jinjit2 plus garuk2 lagi... selamat mncoba smoga klincinya sehat2 terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih atas masukan nya..
      semoga bermanfaat buat rabbit lover lain nya

      Delete
  2. Kelinci nya ga pernah tenang kalo mandi.di lap aja udah kabur terus..gimana ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo baru pertama pasti kaya gitu, maka nya perlu ketelatenan kita

      Delete